INDAH HOUSE

 

Nama Proyek : Indah House
Principal Architect : Mario Andreti, ST. IAI
Project Architect : Khabib Ikhsan, ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Ibu Indah
Lokasi : Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 184 m2
Luas Bangunan : 254 m2
Desain : 2021







EKSISTING

Pada lahan eksisting proyek Indah House terdapat bangunan rumah awal berupa bangunan 1 lantai yang dibeli owner dari pemilik sebelumnya. Bangunan ini dirasa owner sudah cukup tua dan diputuskan untuk dirobohkan semua sebelum membangun bangunan rumah yang baru. Selain itu pembongkaran bangunan rumah awal diputuskan juga atas pertimbangan agar rumah yang baru lebih bebas dalam mendesain seperti layaknya kanvas kosong.

DESAIN

Secara fungsional, bangunan ini di desain menjadi 2 lantai, dengan lantai 1 difokuskan untuk kebutuhan utama fungsi bersama dan berkegiatan dari seluruh anggota keluarga, seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur dibuat menjadi ruang-ruang terbuka tanpa sekat diantaranya, sehingga aktifitas keluarga dapat terjadi lebih interaktif tanpa harus dipisahkan sekat dinding layaknya bangunan rumah konvensional. Selain itu ruang tamu dihilangkan dan diganti teras depan yang agak lebih luas, sebagai ruang penerima tamu. Hal ini sering kami usulkan ke klien, karena keberadaan ruang tamu di rumah konvensional dirasa mubazir karena jarang terpakai, dan ada masalah privasi terutama bagi owner yang berjilbab, saat tamu di hadirkan dan diterima ke area dalam rumah. 

Selain itu fungsi lantai 1 juga ditambahkan kamar tidur tamu yang ditujukan untuk orang tua dari owner saat berkunjung ke Yogya, sehingga peletakannya dilantai 1 dirasa tepat agar tidak perlu naik turun tangga. Sementara kamar tidur utama juga diletakkan di lantai 1 agar mudah di akses.







Fungsi di lantai 2 terdiri dari 4 kamar tidur, yaitu 3 kamar tidur anak dan 1 kamar tidur PRT. Kamar tidur PRT diletakkan di sisi belakang dekat dengan ruang cuci dan jemur pakaian sebagai bagian dari area service. Sementara itu mushola juga ditambahkan di lantai 2, dekat dengan kamar tidur anak. Sementara di sisi depan diatas carport dan di sisi teras belakang dibuat roof garden yang dapat menjadi area alternatif untuk bersantai dan bermain bagi anak-anak.  




FASAD

Untuk desain fasad bangunan, tema yang diambil adalah style bangunan modern dengan banyak penggunaan kaca, dipadukan dengan warna dominan putih, namun owner ingin tetap ada unsur kayu pada desain fasadnya. Selain itu bentuk atap pelana juga di aplikasikan pada desain Indah house ini untuk memberikan identitas sebagai bangunan yang berada di daerah tropis serta dapat membuat plafon lantai 2 menjadi lebih tinggi dan lega serta meningkatkan volume udara didalamnya agar lebih nyaman dari sisi thermal-nya.








Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: