Jati House




Nama Proyek : Jati House
Principal Architect : Mario Andreti, ST. IAI
Project Architect : Khrisnamukti A, ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Jati
Lokasi : Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 91 m2
Luas Bangunan : 155 m2
Desain : 2021









EKSISTING

Eksisting proyek Jati House sudah terdapat bangunan rumah dengan 2 lantai, kondisi bangunan masih cukup baru dan masih dalam kondisi baik. Owner memiliki keinginan untuk merenovasi dan menambah bangunan area depan untuk mengakomodir penambahan fungsi baru dari rumah ini. Antara lain : penambahan jumlah kamar tidur, perubahan letak dan kemiringan tangga, perluasan ruang keluarga dan dapur, serta perubahan pada tampilan fasad/tampak depan bangunan.




RENOVASI

Renovasi dan penambahan bangunan area depan difokuskan pada pemenuhan fungsi tambahan terutama penambahan unit kamar tidur dari 3 kamar menjadi 4 kamar tidur. Ruang keluarga dilantai 1 dibesarkan, dapur yang berada dekat dengan ruang keluarga juga dibesarkan dan dipindah ke sisi belakang bangunan. Isu utama dari bangunan eksisting yaitu letak tangga dan kemiringannya yang terlalu curam juga diselesaikan dengan solusi tangga baru dengan letak baru ke tepi samping bangunan serta dimensi uptrade tangga di pendekkan agar menjadi lebih landai dan nyaman. 



ROOF GARDEN

Penambahan lantai 2 bagian depan juga disertai dengan perubahan atap carport menjadi dak beton, atap dak beton ini pun di desain menjadi roof garden dan menjadi tempat bersantai bagi owner dan keluarga. Dengan adanya taman dan meja kursi seperti di cafe, diharapkan tempat ini menjadi alternatif yang nyaman untuk tempat bersantai dan bercengkrama bersama keluarga. 




FASAD

Pada desain fasad atau tampak luar bangunan, owner menginginkan style bangunan industrial dengan dominasi warna-warna dan finishing material bernuansa rustic, antara lain penggunaan semen expose pada dinding, aksen dinding bata ekspose, kusen pintu jendela dengan alumunium berwarna hitam, serta penggunaan material besi cat hitam pada beberapa bagian seperti railing roof garden dan juga pagar depan. 











Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: