REZA HOUSE


Nama Proyek : Reza House
Principal Architect : Mario Andreti, ST. IAI
Project Architect : Khrisna A, ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Interior Designer : Agung Winaya & Team
Owner : Bapak Dr Reza
Lokasi : Bekasi, Indonesia
Luas Lahan : 350 m2
Luas Bangunan : 510 m2
Desain : 2021








EKSISTING

Pada proyek Reza House, kondisi eksisting sudah terdapat bangunan rumah eksisting berupa bangunan 2 lantai dengan konsep american style. Bangunan rumah ini merupakan peninggalan dari orang tua owner dan bangunan ini sudah dibangun sejak owner masih kecil. Namun kondisi bangunan rumah eksisting ini masih baik dan kokoh, hanya owner ingin melakukan penyegaran dari sisi desain dan juga menambahkan fungsi-fungsi baru pada bangunan rumah ini.







DESAIN

Pada desain renovasi ada 2 bagian utama yang menjadi fokus redesain, antara lain fungsi ruang-ruang dalam di lantai 1 dan 2, serta desain fasad/tampak luar bangunan. Pada fungsi utama ruang dalam di lantai 1, konsep renovasi yang kami tawarkan adalah mengubah desain denah dari ruang-ruang dengan banyak sekat dinding, menjadi ruang-ruang terbuka , dengan banyak melakukan pembongkaran dinding eksisting. Ruang keluarga, ruang makan, pantry, dan ruang bermain anak diletakkan berdekatan dan tanpa sekat dinding, sehingga area lantai 1 menjadi terkesan lebih luas dan terbuka dibandingkan kondisi eksistingnya. Pada lantai 2, ditambahkan fungsi kamar tidur utama yang lebih besar daripada kondisi eksisting, lalu void lantai 2 di tutup menjadi dak beton untuk penambahan fungsi ruang keluarga dan ruang belajar. Total jumlah kamar pada desain renovasi rumah ini adalah 6 unit kamar, dengan 2 unit kamar di lantai 1 dan 4 unit kamar di lantai 2. 
















FASAD

Pada fasad/tampak bangunan, setelah di ajukan beberapa alternatif konsep desain fasad, owner akhirnya memilih konsep fasad dengan dominasi warna hitam yang dipadukan dengan material kayu dan granit travertine. Selain itu pada fasad kami terapkan banyaknya penggunaan pintu-pintu lipat kaca disisi luar bangunan rumah. Pintu-pintu lipat kaca ini ditujukan untuk membuat ruang dalam menjadi fleksibel dan terkesan terbuka dari sisi dalam ke arah taman di luar, sehingga saat pintu-pintu lipat kaca dibuka, ruang luar akan terasa menyatu dan tanpa batas dengan ruang dalam, dan udara akan lebih leluasa masuk ke ruang dalam. 



















Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: