AR House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : AR House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Arief Prabowo
Lokasi : jalan Godean, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 303 m2
Luas Bangunan : 200 m2
Desain : 2014



Perspektif Eksterior 1




Perspektif Eksterior 2


Perspektif Eksterior 3


Perspektif Eksterior 4


Perspektif Eksterior 5


Perspektif Eksterior 6


Perspektif Eksterior 7

Perspektif Eksterior 8

Perspektif Interior 1


Perspektif Interior 2



FOTO TERBANGUN :
















Denah


Bentuk lahan rumah tinggal milik bapak Arief ini begitu unik, karena berbentuk trapesium hanya disatu sisi yang tegak lurus yaitu berada disisi timur yang berbatasan dengan jalan utama. Selain itu , pada sisi timur ini, diharapkan rumah ini nantinya memiliki akses langsung menuju rumah orang tua bapak Arief yang berada persis disebelahnya. Bentuk masa bangunan rumah kami buat terdiri dari 2 axis utama yaitu pada sisi timur tegak lurus dengan posisi jalan dan sisi barat memiliki sudut berbeda mengikuti axis dari batas lahan. Lalu pada bagian tengah terdapat taman besar sebagai pusat orientasi dari setiap ruang yang ada. Sehingga diharapkan dari setiap ruangan dapat memiliki view, penghawaan, dan pencahayaan yang baik dengan hadirnya taman tersebut. 

Pada sisi depan terdapat teras tamu yang cukup, untuk menerima tamu yang tidak terlalu dekat, sedangkan tamu yang sifatnya lebih dekat kekerabatannya dapat masuk ke dalam dan diterima diteras belakang atau diruang keluarga. Pada bagian depan juga terdapat carport dan garasi untuk 1 mobil. Dan taman disebelahnya. Dari depan bangunan ini tampak agak tertutup dengan bukaan berupa jendela yang tidak banyak dan kecil, untuk menjaga privasi di ruang dalam. 

Masuk ke dalam, dari pintu utama, disambut dengan teras terbuka dengan view ke arah taman. Lalu pada sisi timur terdapat masa bangunan dengan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur yang berbentuk ruang terbuka dengan pintu lipat kaca untuk mendapatkan view maksimal ke arah taman. Dan dibelakang terdapat ruang servis berupa ruang cuci dan jemur pakaian. Sementara pada sisi barat terdapat masa bangunan untuk kamar-kamar tidur, terdiri dari 2 kamar tidur anak, dan kamar tidur utama. Ruang-ruang kamar tidur ini juga menggunakan pintu lipat kaca pada sisi yang menghadap ke arah taman. Diantara kedua masa bangunan di sisi timur dan barat terdapat ruang mushola yang terbuka menghadap ke arah taman. 

Pada fasad, tema bangunan tropis dengan atap miring dan penggunaan warna material bangunan berkesan alami, dengan bahan-bahan seperti batu paras yogya, kayu, conwood, batu andesit, dan juga cat warna cream, diharapkan dapat menyatu dengan hadirnya taman disisi depan dan bagian dalam dari rumah ini. Penggunaan pohon-pohon seperti kamboja, tabebuya, dan likuan yu juga ditujukan untuk menambah eksotisme dari desain rumah ini nantinya.




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: