JAE House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : JAE House
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Jaeni Sahuri
Lokasi : Jalan Kaliurang, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 280 m2
Luas Bangunan : 180 m2
Desain : 2015


Perspektif Eksterior 1



Perspektif Eksterior 2


Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4


Perspektif Eksterior 5


Perspektif Eksterior 6

Perspektif Eksterior 7

Perspektif Eksterior 8


Perspektif Eksterior 9




Denah


Rumah adalah tempat dimana kita seharusnya merasa nyaman dan aman. Pada desain rumah bapak Jaeni ini kami membuat konsep rumah yang dikelilingi bangunan dan pagar tinggi sebagai penutup fungsi ruang didalam, untuk menciptakan rasa aman, dengan menjaga privasi pemilik rumah beserta keluarganya dan juga sebagai wajah dari rumah ini secara keseluruhan. Hadirnya taman ditengah ditujukan sebagai orientasi seluruh ruang didalam rumah dan juga sebagai tempat masuknya cahaya dan penghawaan alami, selain itu taman ini juga digunakan untuk tempat bermain anak-anak. Posisi lahan yang berada di hook dimanfaatkan dengan membuat 2 akses baik dari jalan utama di sisi selatan, maupun dari jalan disisi timur lahan. 

Pada sisi selatan, merupakan akses utama baik untuk tamu maupun kendaraan. Pada sisi ini terdapat ruang teras tamu, yang berfungsi sebagai tempat menerima tamu namun sifatnya tamu yang tidak terlalu dekat, dan pada bagian ini tamu terhalang dinding sehingga tidak dapat melihat aktifitas di area taman dan ruang dalam. Selain itu terdapat carport dan garasi untuk kendaraan, lalu disampingnya terdapat ruang cuci dan jemur yang diberi dinding tinggi agar area jemur ini tidak terekspose baik dari sisi dalam maupun luar rumah. Pada sisi timur terdapat akses untuk menuju ke arah jalan lainnya yang digunakan jika ingin berkunjung ke rumah tetangga. Masuk lebih dalam terdapat mushola terbuka dengan aksen kisi-kisi kayu. 

Masa bangunan utama berbentuk "L" berada di sisi barat dan utara lahan. Pada sisi utara berfungsi sebagai ruang terbuka antara ruang keluarga, ruang makan, dan pantry. Dibuat terbuka sebagai tempat utama untuk kegiatan keluarga sehari-hari, dan akan menjadi ruang yang paling banyak digunakan untuk berkumpul oleh seluruh anggota keluarga. Lalu agak kedalam terdapat ruang dapur dan gudang. Dapur ini difungsikan untuk kegiatan memasak utama serta untuk persiapan atau pencucian alat makan, akan sangat bermanfaat terutama saat ada acara besar seperti pengajian warga atau selamatan yang menjadi khas budaya lokal kita dalam bermasyarakat. Pada sisi barat berfungsi sebagai area privat untuk kamar tidur, terdiri dari kamar tidur utama, dan 2 kamar tidur anak. 

Pada fasad bangunan, tema material dan finishing unsur alam menjadi ciri dari bangunan ini. Dengan perpaduan material conwood (bercorak kayu), pintu jendela kayu jati, batu paras, batu andesit, tanaman pada taman, dan cat berwarna cream diharapkan dapat menambah kesan eksotis dan unik dari bangunan ini. Selain itu pada  sudut pojok hook diberikan aksen pasangan besi dengan cat coklat, berbentuk gelombang artistik sebagai aksen utama dari bangunan rumah ini.


Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu





No comments: