EN House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : EN House
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Endar Budi Setyono
Lokasi : Jalan Kaliurang km.7 Klaseman,Sinduharjo, Ngaglik , Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Status : Terbangun
Luas Lahan : 550 m2
Luas Bangunan : 340 m2
Desain : 2012



Perspektif Eksterior 1





Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 3



Perspektif Eksterior 4



Perspektif Eksterior 5

Perspektif Eksterior 6

Perspektif Eksterior 7

Perspektif Interior 1

Perspektif Interior 2

Perspektif Interior 3




Konsep



Denah lantai 1

Denah lantai 2

Denah lantai semi basement




Lokasi rumah ini berada di sebelah salah satu karya kami sebelumnya, yaitu rumah bapak Agung Sugihandono (House of Shalom). Letaknya yang sama yaitu berada di tepi sungai yang sama, membuat saya tertarik untuk menerapkan konsep yang sama, yaitu menjadikan sungai tersebut sebagai orientasi utama dari setiap ruangan yang ada dirumah ini, antara lain menggunakan pintu-pintu kaca dari ruang dalam agar view ke sungai dapat terekspose secara optimal dari ruang dalam. Dan dalam menjawab kebutuhan ruang dari owner serta menanggapi bentuk tanah yang memanjang kebelakang dengan perbedaan elevasi yang cukup tinggi, akhirnya dipilihlah konsep bangunan yang terdiri dari 3 elevasi berbeda (3 lantai).

Masuk dari jalan utama, terdapat 2 buah carport untuk kebutuhan akan parkir mobil yang banyak, dikarenakan rumah ini terdiri dari banyak kamar yang diantaranya dapat akan disewakan untuk pelanggan dari usaha travel agent milik owner. Bagian depan diberi ruang tamu berupa teras beratap, sehingga dapat digunakan untuk menerima tamu dengan nyaman. Pada lantai 1 terdapat ruang keluarga yang berupa ruang terbuka dan menyatu dengan pantry dan ruang makan. Ditengahnya terdapat kolam ikan dengan tangga diatas kolam tersebut menuju ke lantai 2. Dilantai 1 terdapat kamar tidur anak dan kamar tidur utama, sedangkan dilantai 2 terdapat kamar tidur tamu, dengan balkon menghadap taman depan dan taman belakang. Total terdapat 4 kamar tidur tamu, 1 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama, dan 3 kamar tidur pembantu dan supir.

Owner menginginkan terdapat ruangan untuk bermain piano, dan kami usulkan diletakkan di bagian belakang lantai 1 dengan jendela kaca besar ke arah sungai dan taman belakang. Lalu ke bawah melalui tangga terdapat lantai basement yang langsung berbatasan dengan sungai. Area basement ini berupa ruang-ruang servis berupa dapur, ruang cuci, dan kamar tidur pembantu dan supir. Dan terdapat area taman yang besar dengan gazebo menghadap sungai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai sambil mendengarkan aliran air sungai. Pada bangunan servis, diberi atap dengan roof garden, sehingga ruang-ruang dilantai 1 tetap memiliki taman belakang yang besar.

Untuk finsihing material pada bangunan ini kami arahkan kepada material-material alam, seperti batu alam jenis paras jogja, kayu, dan genteng terakota, dengan warna dominan cat cream, dengan tujuan agar nuansa alami dapat terbentuk dengan baik, dan selaras dengan suasana sungai dibelakang rumah yang masih sangat asri dengan pepohonan dan bebatuan besar didasar sungai yang memiliki air yang jernih. 





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 





2 comments:

Gung Zu said...
This comment has been removed by the author.
bmt sejahtera said...

like this