RAIN CONTEMPORARY HOUSE


Nama Proyek : Rain Contemporary House
Principal Architect : Mario Andreti ,ST. 
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : -
Lokasi :  Indonesia
Status :Concept Design (for Architerian Design Competition 2008)
Luas Lahan :  462 m2
Luas Bangunan :  161 m2 
Desain : 2008














Denah




Konsep 1




Konsep 2




Konsep 3

Rumah ini didasarkan akan desain sebuah rumah kontemporer. Sebuah ide akan rumah yang harus keluar dari semua pakem yang ada di saat itu, lebih menampilkan terobosan baru, yang terkesan berbeda, unique, serta bertema tegas. Ada sebuah misi dalam desain ini secara keseluruhan. Mencoba memberi sebuah alternatif desain untuk rumah pada umumnya yang kini mulai seragam, dimana masyarakat yang begitu mengidolakan desain rumah minimalis, modern, atau semacamnya.

Judul Rain House, pada desain ini sebagai penggambaran tentang suasana saat hujan turun. 
1. Dimulai dari tata masa, dengan gubahan bentuk yang bulat dan menyebar. Menggambarkan tetesan air hujan yang cenderung berbentuk bulat serta menyebar saat bertumbukan dengan lantai atau daun yang diterpanya. 

2. Dominasi material semen beton finishing cat putih, kaca transparan, serta bambu bersusun vertikal, merupakan penggambaran air hujan yang melunturkan, bening, serta sifatnya yang jatuh dari tempat tinggi ke tempat rendah secara vertikal. 

3. Kolam dan air mengalir (waterfall) pada fasad bangunan utama, menjadi penyambut serta pemberi kabar kepada pengunjung bangunan ini agar ikut merasakan turunnya hujan deras dan irama air yang berjatuhan. 

4. Sedangkan pada interior, pada beberapa ruangan, atap diberikan lubang tempat masuknya air saat hujan turun, dengan kolam tepat dibawahnya, dan jika volume air berlebih, air pun dialirkan keluar ke sumur resapan. Semaksimal mungkin air hujan diresapkan ke dalam tanah, tempat kembalinya seharusnya.






Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 





8 comments:

Anonymous said...

Thanks to the blog owner. What a blog! nice idea.

Anonymous said...

Nice blog. Thats all.

Anonymous said...

yeah! its much better,

Anonymous said...

im your favorite reader here!

Mario or Marjo (MoM) Architect said...

thanx...

ilham dc said...

keren gan filosofinya :)

RAJAWALI PROPERTY said...

mantap mas

Unknown said...

mantap gan konsep sama filosofinya.