DI House, Sidoarjo, Indonesia

Nama Proyek : DI House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST, IAI
Project Architect : - 
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Ibu Dian
Lokasi : Sidoarjo, Indonesia
Luas Lahan : 385 m2
Luas Bangunan : 185 m2
Desain : 2009












 Rumah ini berada pada sebidang tanah yang berbentuk trapesium, dengan lebar depan 20 meter, memudahkan untuk menata zonasi pada area depan. Bangunan ini saya coba bagi menjadi 2 masa bangunan, yaitu masa bangunan untuk servis dan ruang tamu, lalu satu masa bangunan yang berfungsi untuk ruang-ruang privat bagi kegiatan keluarga. Dan diantara kedua masa bangunan tersebut terdapat taman belakang yang besar, dengan gazebo sebagai tempat untuk bersantai. Ukuran tanah yang besar membuat taman di depan dan dibelakang dapat dihadirkan dengan optimal, sehingga keinginan untuk mengekspose view ke taman-taman tersebut dari ruang dalam bangunan dapat tercapai.


Masa bangunan pertama diletakkan di sisi kiri berfungsi sebagai area servis dan ruang tamu. Pada masa bangunan ini terdapat garasi untuk 2  unit mobil, ruang tamu, kamar tidur pembantu, dapur dan ruang makan, ruang cuci dan jemur pakaian. Bentuk ruang tamu dibuat terbuka, dengan pintu hanya pada sisi depan, sedangkan pada bagian samping dan belakang tidak ada sekat dan pintu, berupa bukaan dengan sisi samping menghadap ke kolam, dan sisi belakang menghadap ke taman. Diharapkan ruang tamu ini dapat memberi kesan ramah, nyaman, dan sederhana bagi tamu yang datang.


Masa bangunan kedua berfungsi sebagai bangunan utama untuk kegiatan keluarga. Terdiri dari kamar tidur utama, dua buah kamar tidur anak, kamar tamu, kamar mandi, pantry, ruang makan, dan ruang keluarga. Dari keseluruhan ruang-ruang ini memiliki bukaan baik berupa jendela dan pintu kaca menghadap taman-taman yang ada, baik taman depan dan taman belakang.


Finishing material pada bangunan rumah ini saya berikan tone warna alami, dengan dominasi warna cream, material kayu, genteng terakota, dan beberapa bagian dinding dengan material batu alam, yaitu batu paras, dan batu andesit. Sementara pada bagian atap datar saya berikan roof garden, untuk mengurangi intensitas panas dari matahari yang mungkin masuk ke ruang dalam dari atap dak beton tersebut.




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: