Kantor HD Tent, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : Kantor HD Tent, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : HD Tent
Lokasi : Yogyakarta, Indonesia
Status : Terbangun
Luas Lahan : 2.000 m2
Luas Bangunan : 799 m2
Desain : 2012





Perspektif Eksterior


Perspektif Eksterior 1

Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4

Perspektif Eksterior 5


Perspektif Eksterior 6


Perspektif Eksterior 7



Perspektif Eksterior 8

Perspektif Eksterior 9

Perspektif Eksterior 10


Perspektif Eksterior 11


Perspektif Eksterior 12


FOTO TERBANGUN : 






















Siteplan


Letak site ini berada di daerah kaliurang dengan lingkungan sekitar masih dikelilingi kebun dan sawah, sangat asri dengan pemandangan ke arah gunung merapi. Dari latar belakang kondisi site ini, dibuatlah konsep bangunan kantor perusahaan persewaan tenda, HD Tent, yang nyaman, humble, dan sesuai dengan lingkungan sekitar. Terdiri dari beberapa bangunan yang berfungsi sebagai kantor, tempat tidur karyawan dan gudang penyimpanan alat tenda. 

Bangunan pertama berada paling depan dekat dengan jalan, berfungsi sebagai area kantor staff dan ruang tamu bagi konsumen yang ingin melakukkan penyewaan tenda. Terdiri dari dua masa bangunan yang dibatasi oleh kolam ikan koi dengan jembatan penghubung berupa jembatan kayu. Pintu ke arah depan berupa pintu lipat dengan kaca besar sehingga dapat melihat view ke arah taman didepan yang dibuat menjadi beberapa level berbeda dan diberi gazebo yang berada diatas kolam ikan. Masa bangunan kantor untuk staff terdiri dari ruang kerja, ruang direktur, dan pantry. Dibagian belakang terdapat bangunan kamar mandi yang terpisah dengan fasad menggunakan balok kayu yang disusun vertikal.

Area berikutnya dibelakang berupa dua masa bangunan yang berfungsi sebagai area khusus karyawan, terdiri dari ruang mushola, kamar mandi, kamar tidur, dapur , ruang makan, dan ruang menonton televisi. Kedua masa bangunan memanjang ke belakang dengan taman besar berada diantaranya, sehingga ruang dalam tetap terasa nyaman dengan pencahayaan dan penghawaan alami.

Bangunan terakhir yang berukuran paling besar berupa bangunan bentang lebar yang berfungsi untuk gudang alat tenda, kain-kain, dan kursi. Kebutuhan alat yang besar sehingga bangunan ini dibuat besar, dan memiliki pintu besar untuk akses mobil truck besar masuk ke dalam untuk melakukan bongkar muat peralatan. Pada bagian samping disediakan ruang cuci kain tenda. 

Seluruh bangunan didesain dengan tema bangunan tropis dan menggunakan material finishing yang berkesan alami. Warna cat cream, atap terakota, material kayu , pasangan batu paras, batu candi, batu andesit, ikut menguatkan kesan alami tersebut. Penggunaan atap miring, banyaknya bukaan berupa jendela dan rooster sebagai upaya untuk menghadirkan solusi penghawaan dan pencahayaan alami yang baik ke ruang dalam.








Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 




No comments: