White House, Jakarta, Indonesia

Nama Proyek : White House, Jakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Workshop Omahku Kini
Lokasi : Jakarta, Indonesia
Status : Conceptual Design
Luas Lahan : 167 m2
Luas Bangunan : 260 m2
Desain : 2013




Perspektif Eksterior 1

Konsep Desain

Denah


Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4

Perspektif Eksterior 5

White House identik dengan bangunan pusat pemerintahan negara Amerika Serikat. Sedangkan untuk kami, tema white house ini hadir sebagai representasi impian saya dan keluarga untuk memiliki rumah tinggal yang serba putih. Dimana rumah tersebut berwarna putih tidak hanya pada eksterior namun juga hingga bagian interior. Idealnya bagi kami, hingga seluruh barang dan kendaraan yang kami miliki berwarna putih. 



Lahan yang dimiliki tidak terlalu besar, hanya 167 m2, dengan lebar depan 10 meter dan memanjang kebelakang. Untuk bentukan masa, saya buatkan masa bangunan yang tidak terlihat flat dari depan, sehingga ada permainan beberapa geometri sehingga terbentuk seperti huruf "L" dari depan. Bangunan rumah tinggal ini terdiri dari 3 Lantai, dimana lantai 1 berfungsi untuk ruang tamu, garasi, gallery untuk tempat menyimpan barang koleksi pribadi,dan kamar pembantu di area belakang. Salah satu yang menarik pada lantai 1 adalah ekspose area kolam renang dari ruang tamu, dengan penggunaan dinding kaca pada kolam renang.

Pada lantai 2 terdapat fungsi ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, dengan view ke arah kolam renang dan roof garden pada sisi samping kolam renang. Ruang makan berupa ruangan terbuka tanpa dinding yang langsung berbatasan dengan kolam renang, sementara ruang keluarga dan dapur menggunakan pintu lipat kaca dan jaluzi sehingga udara dan pencahayaan alami dapat masuk dengan baik. Dan saat seluruh pintu tersebut dilipat akan terasa ruangan ini menjadi menyatu satu sama lain mulai dari ruang keluarga, ruang makan, dapur hingga area luar yaitu kolam renang dan roof garden.

Lantai 3 bersifat lebih private , dimana fungsi-funsgi ruang pada area ini berupa 2 kamar tidur anak dan kamar tidur utama, dengan ruang tivi berada diantara ketiga kamar tersebut. Dan lantai ruang tivi ini menggunakan kaca sehingga dapat emlihat aktifitas keluarga di kolam renang dan roof garden. Selain itu pada kamar tidur utama juga ditambahkan balkon ke arah depan dan kolam renang. Sementara pada area atap, dibuat sebagai roof garden dengan view terbuka ke seluruh sisi bangunan dengan penggunaan railing kaca, sehingga view ke arah kota dan langit dari atap ini dapat terlihat sempurna.





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 

No comments: