Rumah Bapak Abdul Halim, Sidoarjo, Indonesia

Nama Proyek : Rumah Bapak Abdul Halim
Principal Architect : Mario Andreti ,ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Abdul Halim
Lokasi : Sidoarjo, Indonesia
Status : Terbangun
Luas Lahan : 201 m2
Luas Bangunan : 227 m2
Desain : 2010



Perspektif Eksterior 1



Perspektif Eksterior 2


Perspektif Interior 1

Perspektif Interior 2

Konsep Desain 1



Konsep Desain 2



Denah


Potongan




Rumah ini berada dilokasi perumahan Citra Garden, Sidoarjo. Pemilik rumah membeli sebuah kavling tanah tanpa bangunan di lokasi yang bagus, karena tepat berada disebelah taman fasilitas bersama dari perumahan ini. Dengan luas tanah 201 m2, rumah ini didesain dua lantai, dengan orientasi masa bangunan menghadap taman di samping lokasi rumah. Pada lantai 1 terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar tidur tamu, dan kamar tidur tamu. Ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapat disatukan dengan membuka pintu pembatas, sehingga menjadi ruang yang cukup besar jika dibutuhkan untuk kegiatan keluarga atau kegiatan bersama warga sekitar. Posisi kamar tidur utama, kamar tidur tamu dan ruang keluarga diletakkan diposisi tepi rumah agar memiliki view yang baik ke arah taman.

Pada lantai dua terdapat ruang televisi, mushola, kamar tidur pembantu dan dua buah kamar tidur anak. Kamar tidur anak diletakan disisi tepi dengan view ke arah taman disamping rumah melalui pintu kaca dengan sistem lipat. Kedua kamar tidur anak ini juga memiliki balkon ke arah taman tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk tempat bersantai sambil menikmati view ke taman. Pada bagian depan bangunan juga ditambahkan balkon dari ruang televisi sebagai tempat untuk bersantai. 

Bentuk bangunan ini mengadopsi bentuk bangunan tropis, menggunakan atap miring, plafon dibuat tinggi dan memaksimalkan pencahayaan alami melalui jendela,bouven, roster, dan pintu-pintu kaca. Diharapkan ruang dalam tidak membutuhkan penghawaan dari AC, walau udara luar kota Sidoarjo terasa cukup panas. Dari sisi warna bangunan, dihadirkan warna dominan putih yang mengadopsi warna tematik rumah-rumah yang ada di perumahan ini, agar selaras, namun diberi tambahan dengan aksen warna kayu dan batu candi.



Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu