BIN House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : BIN House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST, IAI
Project Architect : Khrisnamukti Adiputratama, ST 
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Bintoro
Lokasi : Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 165 m2
Luas Bangunan : 234 m2
Desain : 2019























Lokasi rumah ini berada pada sebuah perumahan, dengan kondisi eksisting terdapat bangunan rumah tinggal 1 lantai, yang telah 10 tahun ditinggali oleh owner. Rumah ini dirasa sudah tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga beliau saat ini. Dalam brief design yang diberi kepada kami, beliau menghendaki rumah tinggal dengan jumlah kamar yang lebih banyak dan ruangannya juga lebih besar. Selain itu beliau menghendaki adanya ruang keluarga , ruang makan, dan pantry yang cukup besar dan bagus sebagai pusat kegiatan keluarga nantinya.

Pada desain kami mengusulkan dioptimalkan untuk fungsi ruang bersama, yaitu ruang keluarga, ruang makan, dan pantry yang terbuka dan seperti menjadi satu ruangan yang besar, sehingga para anggota keluarga dapat berinteraksi dengan hangat dan intens pada area tersebut. Selain itu lantai 1 juga dimanfaatkan untuk kamar tidur utama diarea depan, dengan pertimbangan owner yang akan beranjak tua, mungkin  suatu saat nanti akan sulit untuk akses ke lantai 2 dengan melalui tangga. Pada area belakang terdapat kamar tidur PRT, dan dapur. Sementara sisi belakang juga disiapkan area kecil yang berfungsi sebagai taman, untuk tempat masuknya cahaya dan penghawaan alami. Pada lantai 1, area taman depan dan samping dimanfaatkan untuk area tanam anggrek, karena ibu ,istri dari owner sangat menyukai bertanam anggrek di rumahnya. Kumpulan pot anggrek dibuat rak besi yang tinggi sehingga dapat berfungsi juga untuk memblock view dari luar ke arah ruang keluarga yang menggunakan pintu kaca ke arah taman samping.

Dan pada lantai 2 dimanfaatkan untuk ruang-ruang kamar tidur anak, yaitu berjumlah 3 buah kamar, lalu area belakang terdapat ruang cuci dan jemur pakaian. Sedangkan area depan di atas carport digunakan untuk roof garden dengan area tanam anggrek yang luas. Diharapkan roof garden ini nantinya dapat menjadi area alternatif bagi anak-anak untuk menikmati area luar. 




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: