Panggung Raya Merdeka, Medan, Indonesia

Nama Proyek : Panggung Raya Merdeka, Medan, Indonesia
Sayembara Lapangan Merdeka (2018)
Arsitek : Mario Andreti, ST, IAI & Khrisna Adiputratama, ST
Lokasi : Medan, Indonesia
Luas Lahan : 42.000 m2
Luas Bangunan : 3.000 m2
Desain : 2018
























Ide dari desain ini, ingin sekali punya area publik di sebuah kota besar yang multi fungsi. Sayembara ini sebenarnya lebih fokus ke desain pendoponya, tapi kami coba memperluas area dalam pengembangan desainnya.

Bangunan utama pendopo kami desain memiliki lantai atap yang bisa multifungsi, yaitu bisa untuk area publik berkegiatan outdoor, namun punya fungsi juga sebagai panggung, baik itu untuk panggung saat acara formal seperti upacara atau kegiatan keagamaan, tabligh akbar, maupun panggung untuk acara non formal seperti konser musik, kegiatan kesenian, atau perayaan tahun baru. Lalu dibelakang pendopo ada lapangan terbuka yang besar, bisa sebagai tempat berolah raga, sepak bola, maupun untuk lapangan peserta upacara atau penonton konser.


Di kiri kanan lapangan kita buatkan tribun untuk tempat duduk sambil menonton dan juga bisa untuk tempat santai sambil membaca buku, karena itu tribun diberi rumput dan pepohonan supaya tetap rindang dan teduh. Untuk mencari buku tidak sulit, karena kami sediakan semacam perpustakaan umum dan juga toko buku, sehingga para orang tua dapat mengajak anak-anaknya lebih membudayakan gemar membaca.

Sehingga Lapangan Merdeka ini tidak sekedar untuk mengingat sejarah proses merebut kemerdekaan, tapi juga untuk berkegiatan sebagai wujud merayakan dan mengisi kemerdekaan





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu

No comments: