D House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : D House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak D
Lokasi : Pondok Permai Blok O, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 300 m2
Luas Bangunan : 330 m2
Desain : 2016
Terbangun : 2017
Pelaksana/Kontraktor : CV Aditya Utama

Perspektif Eksterior 1




Konsep





Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4

Perspektif Eksterior 5


Perspektif Eksterior 6



Denah lantai 1

Denah lantai 2

















Lokasi rumah ini berada pada sebuah komplek real estate yang terdiri dari 2 kavling dengan total luas lahan 300 m2. Secara luasan, lahan rumah ini mencukupi untuk mewadahi fungsi bangunan dalam 1 lantai, namun kami mencoba mengusulkan ke klien agar menyisakan lahan rumahnya sekitar 40-50% untuk area terbuka. Sehingga bangunan rumah kami usulkan menjadi 2 lantai, dengan luas lantai 1 di 170 m2, sisa lahan kami optimalkan untuk taman baik di sisi depan site dan sisi belakang site, serta carport didepan garasi. Taman dibagian depan dan belakang site ini kami tujukan selain untuk view dari masing-masing ruang dalam, taman -taman inj juga berperan penting untuk sirkulasi udara dan juga penetrasi cahaya alami masuk ke ruang dalam. Sehingga dari setiap ruangan terutama ruang bersama seperti ruang keluarga, ruang makan, dan dibeberapa kamar tidur, kami dapat memberikan bukaan-bukaan berukuran besar, seperti jendela besar atau pintu kaca besar.

Selain itu kami memiliki kemudahan untuk menambahkan beberapa teras dilantai 1 dan balkon dilantai 2 yang menghadap ke arah taman depan dan taman belakang. Teras dan balkon ini akan menjadi ruang alternatif bagi penghuni rumah dalam menikmati waktu-waktu luangnya untuk bersantai. Salah satunya di lantai 2 kami membuat balkon berukuran besar dengan atap louvera yang bisa dibuka dan ditutup manual, kami harapkan menjadi ruang santai yang fleksibel, dapat digunakan oleh owner sebagai ruang jahit maupun mini-gym semi outdoor. Sedangkan dilantai 1 kami buatkan teras belakang menghadap taman berdekatan dengan pantry sehingga dapat digunakan untuk ruang santai keluarga sambil menikmati menu sarapan dan membaca buku atau koran dipagi hari.

Salah satu yang menarik dari proyek D House ini adalah membuat garasi sebagai ruang display dari koleksi owner yaitu motor Harley Davidson beserta asesori maupun apharel berlogo Harley. Dengan penggunaan dinding kaca besar garasi yang menghadap ruang tamu dan ruang keluarga, membuat owner dapat menikmati view ke arah barang-barang koleksinya, hal yang selalu menjadi impian para lelaki. Sementara itu salah satu yang menarik dari desain D House ini kami mencoba menerapkan pembagian yang jelas antara area service dan area utama. Area service dari lantai 1 dan lantai 2 kami pisah dan diletakkan disisi samping bangunan, terdiri dari dapur kotor, kamarpembantu , ruang cuci dan ruang jemur pakaian, dengan hanya satu akses yaitu dari dapur kotor menggunakan tangga putar.

Area utama dari rumah ini terdiri dari 2 kamar tidur dilantai 1 dan 2 kamar tidur dilantai 2, dengan ruang-ruang penunjang lainnya yaitu ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan dan panty dilantai 1, ruang TV dan ruang studio musik berada di lantai 2. Pada lantai 2 kami juga buatkan roof garden disisi depan sehingga view ke arah taman tidak hanya didapat dilantai 1 namun dilantai 2 juga didapatkan view ke arah taman yang baik.


Bentuk fasad bangunan ini awalnya kami buat dalam bentuk geomteri sederhana yaitu penggabungan beberapa kotak (box) namun pada akhir tahap desain kami menambahkan atap genteng beton dengan tone warna yang sama dengan bangunan lainnya dikomplek real estate ini. Sehingga masih ada benang merah antara rumah ini dengan rumah tetangganya. Bentuk masa bangunan dengan geometri kotak, penggunaan dominan warna putih pada eksterior, dipadu dengan material bernuansa kayu (conwood), dengan banyak bukaan berupa kaca berukuran besar, kami pilih untuk menguatkan image kontemporer dari desain rumah ini secara keseluruhan. 





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu





No comments: