SY House, Muntilan, Indonesia

Nama Proyek : SY House, Muntilan, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Suyanto
Lokasi : Muntilan, Jawa Tengah, Indonesia
Luas Lahan : 1.300 m2
Luas Bangunan : 200 m2
Desain : 2015


Perspektif Eksterior 1

Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 3


Perspektif Eksterior 4

Perspektif Eksterior 5


Denah


Lokasi site rumah ini berada pada area Restaurant Cindelaras, yang terkenal dengan menu mangut lelenya. Saat ini owner berencana melakukan renovasi area restaurant dan mengisi lahan kosong dibelakangnya untuk rumah tinggal. Pada tahap awal ini kami mulai dengan perancangan rumah tinggal untuk owner dan keluarga. 

Owner memiliki hobi mengumpulkan kayu-kayu jati bekas bongkaran ataupun perabot lawasan, karena itu dalam desain rumah ini kami coba memanfaatkan potensi kayu-kayu jati tersebut untuk diaplikasikan dirumah ini, antara lain untuk rangka atap, tiang-tiang kolom (soko), dan untuk pintu dan jendela. Selain itu aplikasi kayu juga kami usulkan pada bagian dinding fasad dan lantai teras. Diharapkan warna kayu dan perpaduannya dengan warna cat cream pada dinding dapat memberi kesan hangat pada teras dan fasad bangunan. 

Daerah muntilan juga terkenal dengan pengrajin batu candinya, terutama didekat site banyak sekali terdapat penjual dan pengrajin ukiran batu candi. Terinspirasi dengan suasana tersebut kami juga mengusulkan penggunaan material batu candi di fasad, antara lain berupa pasangan batu candi yang halus, maupun yang bertekstur alami. Selain itu kami juga coba aplikasikan relief batu candi berukuran besar di sisi samping bangunan, serta rooster relief batu candi untuk kebutuhan ventilasi.

Ruang dalam rumah ini memiliki view ke arah taman baik di sisi depan dan sisi belakang, penggunaan pintu lipat dengan daun pintu kayu dan kaca diharapkan mampu mengoptimalkan view taman dari ruang dalam. Khusus pada kamar tidur utama view ke taman dibelakang juga ditemani dengan kolam ikan koi yang hadir menyatu dengan teras belakang. Terbayang suasana yang santai, nyaman, dan hangat, berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kopi hangat melihat view ke taman yang rindang dan suara gemericik air dari kolam yang menentramkan.




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu



No comments: