RINTO HOUSE


Nama Proyek : Rinto House
Principal Architect : Mario Andreti, ST. IAI
Project Architect : Khrisna A, ST. & Jalu Ukir, S.Ars.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Rinto
Lokasi : Pakem, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 2.386 m2
Luas Bangunan : 751 m2
Desain : 2021








EKSISTING

Kondisi eksisting proyek Rinto House, berupa lahan kosong yang sekitarnya banyak terdapat sawah, sehingga memiliki view yang sangat bagus dan juga alami. Selain itu lahan eksisting berupa tanah berkontur yang dari depan menurun level lahannya hingga ke sisi belakang. 










DESIGN BRIEF

Beberapa brief dari owner untuk desain proyek Rinto House ini antara lain :
1. Owner menginginkan ada 2 area bangunan yaitu bangunan private untuk rumah tinggal beliau, dan satu area lagi berupa bangunan-bangunan limasan berukuran kecil untuk disewa harian (guest house).

2. Selain bangunan utama, owner juga menginginkan adanya kolam renang untuk tamu yang menginap di guest house ini, serta satu bangunan pendopo berupa joglo untuk tempat makan.
















DESAIN FASAD

Tema bangunan yang diinginkan owner untuk proyek ini adalah style bangunan tradisional jawa, dengan dominasi bangunan berupa joglo atau limasan. Rencananya owner akan membeli joglo lawasan untuk bangunan berukuran besar, sementara untuk bangunan guest house yang berukuran lebih kecil rencananya akan berupa bangunan baru dengan tema atap limasan. Selain bangunan untuk pagar depan dan gapura juga mengadopsi style bangunan jawa dengan penggunaan material alam seperti batu paras yogya dan juga kayu.






























Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu







No comments: