ARAY HOUSE


Nama Proyek : Aray House
Principal Architect : Mario Andreti, ST. IAI
Project Architect : Khrisna A, ST. & Heru T, ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Dr Reza
Lokasi : Bekasi, Indonesia
Luas Lahan : 90 m2
Luas Bangunan : 132 m2
Desain : 2021








EKSISTING

Kondisi eksisting proyek Aray House, sudah terdapat unit bangunan rumah 2 lantai, yang merupakan unit rumah perumahan yang dibangun oleh pihak developer. Rumah ini pada lantai 2 sudah ada bangunan untuk fungsi ruang service dibagian belakang, sementara dibagian depan masih berupa lantai dak beton tanpa ruangan (terbuka) yang difungsikan untuk ruang jemur pakaian. 





DESIGN BRIEF

Beberapa brief dari owner untuk desain renovasi proyek Aray House ini, antara lain :
1. Renovasi fungsi ruang lantai 1, antara lain perubahan fungsi kamar tidur utama menjadi kamar tidur PRT dan mushola, sementara kamar tidur utama dipindahkan ke lantai 2.

2. Penambahan kamar tidur anak dan ruang multimedia dilantai 2, serta penambahan lantai 3 untuk fungsi roof top sebagai ruang kerja dan bagian depan terbuka untuk ruang bersantai bersama keluarga. 

3. Renovasi fasad dan interior rumah menjadi konsep industrial.










DESAIN FASAD

Pada bagian fasad depan , style bangunan rumah ini diubah menjadi style industrial. Material yang digunakan antara lain, semen ekspose, ECP dari produk conwood, kusen alumunium berwarna hitam, besi dengan finishing cat hitam, serta penggunaan material lantai conwood pada bagian roof top. Pengaplikasian style industrial ini juga diperkuat dengan bentuk bangunan yang simple dan menggunakan bentukan geometris yang tegas. Detail lain yang digunakan adalah pada bagian jendela yang menggunakan modul alumunium pembagi kaca yang dibuat menjadi sekat-sekat kecil, digunakan untuk memperkuat image industrial tadi.






DESAIN INTERIOR

Selain pada eksterior/fasad, pengaplikasian konsep industrial juga dilakukan pada interior. Pengulangan penggunaan material bergaya industrial seperti semen ekspose, ECP dari conwood, dan penggunaan material metal (besi dan alumunium) berwarna hitam pada finishing lantai, dinding, dan juga elemen furniture. Sentuhan material finishing bernuansa kayu yang bertekstur rustic semakin menguatkan konsep industrial pada desain rumah ini.












Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: