HARRY HOUSE

 

Nama Proyek : Harry House
Principal Architect : Mario Andreti, ST. IAI
Project Architect : Khrisnamukti A, ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Harry
Lokasi : Jakarta, Indonesia
Luas Lahan : 101 m2
Luas Bangunan : 182 m2
Desain : 2021





EKSISTING

Kondisi eksisting proyek Harry House , terdapat unit bangunan lama peninggalan dari orang tua owner. Bangunan eksisting berupa bangunan 1 lantai di depan dan bangunan 2 lantai di belakang. Kondisi bangunan eksisting tidak dalam kondisi baik, karena sudah lama dalam kondisi kosong, banyak bagian bangunan yang sudah dalam kondisi rusak.




DESAIN TAHAP 1

Pada desain tahap 1, bangunan baru didesain memaksimalkan kondisi bangunan eksisting, dengan bagian depan tetap 1 lantai dan bagian belakang berupa bangunan 2 lantai. Jumlah kamar tidur pada bangunan tahap 1 yaitu 2 kamar tidur dan terletak pada bagian lantai 1 saja. Selain kamar tidur, pada lantai 1 terdapat ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur. Sementara pada lantai 2 difungsikan untuk ruang kerja dan ruang santai, dengan memiliki void di dekat tangga yang bisa melihat ke arah lantai 1 (ruang makan).











DESAIN TAHAP 2

Pada desain tahap 2, terdapat pengembangan dan penambahan fungsi dari kondisi bangunan tahap 1. Penambahan fungsi tersebut antara lain, Penambahan 2 unit kamar tidur pada lantai 2, dimana kamar tidur utama dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Sementara itu di lantai 1, terdapat perubahan fungsi yaitu kamar tidur sisi depan dibongkar dan menjadi perluasan carport, sehingga carport tahap 1 hanya cukup untuk 1 mobil, di tahap 2 carport tersebut menjadi kapasitas untuk 2 mobil. 

Pada desain tampak bangunan, style yang dipilih owner adalah style bangunan industrial. Pada proyek Harry House ini, beberapa paduan material yang kami gunakan antara lain : dinding semen ekspose tanpa cat, kusen pintu jendela menggunakan bahan alumunium berwarna hitam, dan beberapa aksen penggunaan material bata ekspose dan penggunaan material plat besi di cat hitam.

Dari proyek ini dapat dilihat bahwa kondisi eksisting bangunan rumah lama masih dapat dimaksimalkan untuk merubahnya menjadi bangunan hunian baru yang lebih baik dan lebih kekinian. Selain itu desain yang dibuat bertahap , dapat menjadi solusi untuk kondisi keluarga muda yang mungkin memiliki keterbatasan budget pembangunan di awal, dan dapat melanjutkan pembangunan tahap berikutnya di tahun-tahun berikutnya. Dengan desain bertahap ini memungkinkan owner untuk melakukan pengembangan tanpa harus khawatir bongkar pasang dilapangan karena tidak memiliki desain perencanaan yang matang.














Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: