GE House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : GE House
Principal Architect : Mario Andreti, ST, IAI
Project Architect : Tabitha F. ST 
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Ibu Gera
Lokasi : Pandowoharjo, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 120 m2
Luas Bangunan : 137 m2
Desain : 2020



















FOTO TERBANGUN















Akhir-akhir ini kami beberapa kali mendapatkan klien yg ingin meredesain dan merenovasi rumahnya yang berada di perumahan. Untuk proyek ini kami melakukan renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai. Beberapa klien lebih memilih merenovasi rumahnya menjadi 2 lantai dibandingkan harus pindah dan beli lahan baru untuk mewujudkan rumah impiannya. Salah satu faktor utamanya karena merasa sudah nyaman dan cocok dengan lingkungan rumahnya saat ini.

Karakter masyarakat Indonesia yang kuat sisi sosial bermasyarakatnya membuat hal ini menjadi prioritas utama bagi beberapa keluarga.

Konsekuensi apa dengan skenario renovasi 1 lantai menjadi 2 lantai ini? Yaitu klien harus mengontrak dan pindahan rumah dulu utk sementara waktu. Krn proses renovasi cukup besar dan membutuhkan waktu 5-6 bulan pembangunannya. Selain itu kami menyarankan proses desain tidak boleh buru-buru, harus direncanakan dengan matang. Krn ini merupakan perwujudan rumah kedua, hal-hal buruk yang terjadi dirumah awal seharusnya tidak terjadi kembali, dan wujud rumah impian harusnya sudah tampak di pembangunan rumah kedua ini.

Dipostingan kali ini, dapat dibandingkan kondisi eksisting (before) dan desain rencana renovasinya (after). Desain ini kami kerjakan sekitar 3 bulan dengan diskusi yang cukup panjang dan detail bersama owner. Semoga menjadi hasilnya nanti menjadi kolaborasi yg baik antara kami sbg desainer dan klien




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu






No comments: