F House, Cibubur, Indonesia

Nama Proyek : F House, Cibubur, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Febriandi
Lokasi : Perumahan Legenda Wisata, Cibubur
Luas Lahan : 124  m2
Luas Bangunan : 140 m2
Desain : 2017
Konstruksi : 2018
























FOTO TERBANGUN

















Pada proyek rumah tinggal ini, kami memberi beberapa usulan renovasi dari kondisi eksisting yang ada. Selain perubahan beberapa fungsi di lantai 1 dan lantai 2, kami juga mengusulkan perubahan pada fasad dan finishing material bagian dalam bangunan, mengikuti konsep style industrial yang ingin ditampilkan oleh klien pada rumah miliknya tersebut. 

Di area lantai 1, renovasi yang dilakukan antara lain, perubahan orientasi pintu masuk utama, dari posisi lama ditengah menjadi di sisi timur, dan ruang tamu lama diubah menjadi kamar tidur PRT dengan pintu masuknya dari sisi barat. Masuk ke dalam, dibuatkan ruang besar yang berfungsi sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, dengan bukaan ke arah belakang berupa taman terbuka. Dengan perubahan ini diharapkan rumah menjadi terkesan lebih luas dibandingkan kondisi eksistingnya, yang memiliki banyak sekat-sekat ruang seperti perumahan pada umumnya. 

Sedangkan pada area lantai 2, sisi belakang yang belum dibuat bangunan 2 lantai, kami usulkan dibuat tambahan bangunan 2 lantai untuk fungsi kamar tidur utama dan penambahan fungsi kamar tidur tamu. Kamar tidur utama memiliki bukaan berupa pintu kaca ke sisi void taman terbuka di belakang, sehingga view dari dalam keluar masih terkesan luas walau posisinya dibelakang dan diapit oleh dinding-dinding rumah tetangga yang juga sudah tinggi. Proyek renovasi rumah ini mungkin menjadi tipikal karakter pengembangan rumah-rumah yang berada di perumahan. 

Tampak luar (fasad) bangunan dan area dalam (interior), kami buat dengan tema bangunan industrial, dengan dominasi finishing material semen ekspose, bata tempel terakota, serta material metal (alumunium dan besi) dengan warna cat hitam, menjadi penekanan dibeberapa spot area baik di luar maupun di dalam bangunan. Sementara material kayu jati belanda dibeberapa bagian kami munculkan untuk memberi kesan hangat dan memperkuat konsep tema industrial. 




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: