AM House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : AM House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Among Kuspribadi
Lokasi : Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 324 m2
Luas Bangunan : 308 m2  (Bangunan baru + Renovasi)
Desain : 2016





Foto eksisting (sebelum renovasi)




















Foto Terbangun :
















Proyek AM House ini merupakan proyek renovasi dan penambahan beberapa masa bangunan baru untuk melengkapi fungsi ruang dari pihak owner. Rumah ini sudah berdiri sekitar 10 tahun, dan pihak owner merasa sudah waktunya melakukkan pengembangan dan perubahan terkait dengan fungsi yang sudah tidak mencukupi lagi dari kebutuhan keluarganya saat ini. Pada bangunan eksisting kami melakukan usulan renovasi berupa penambahan mushola dengan view terbuka kearah kolam ikan koi, lalu ruang tamu menjadi kamar tidur anak, sehingga ruang tamu kami tambahkan didepan menjadi hanya berupa teras. Karena menurut kami saat ini penggunaan ruang tamu akan lebih baik jika tidak berada di ruang yang lebih kedalam, untuk menjaga privasi dari pemilik rumah.

Sementara itu kami mengusulkan beberapa masa bangunan baru untuk tambahan ruang mewadahi fungsi baru yang diharapkan dari pihak owner. Salah satunya didepan kami membuat sebuah masa bangunan baru yang terdiri dari fungsi ruang garasi dilantai 1 dan fungsi ruang studio musik dan karaoke dilantai 2 dengan tambahan roof garden didepannya sebagai tempat bersantai keluarga setelah lelah bermain musik atau bernyanyi diruang karaoke tadi. Bangunan baru ini kami balut dengan dominasi material bernuansa kayu (conwood) dan diharapkan menjadi point of interest darir umah ini nantinya. Hal ini dapat kami lakukan karena lahan tetangga yang berbatasan dengan area garasi ini adalah lapangan sepak bola yang status legalnya adalah tanah kas desa, yang tidak mungkin berubah fungsi menjadi bangunan, dan keuntungan tsb kami manfaatkan dengan cara mengekspose bangunan garasi dan studio musik tadi.

Selain itu masa bangunan baru yang kami tambahkan antara lain bangunan kamar tidur utama beserta wardobe dan kamar mandi dalam. Dengan penggunaan sebagian atapnya berupa kaca kami harapkan kamar mandi utama menjadi lebih eksotis dan tidak gelap tampilan ruang dalamnya. Pada area belakang kami juga menambahkan masa bangunan 2 lantai yang berfungsi sebagai kamar pembantu serta dapur kotor dilantai 1 dan ruang cuci dan jemur dilantai 2. Bangunan ini menjadi fungsi service yang dahulu tidak dimiliki di bangunan rumah eksisting.


Fasad bangunan rumah eksisting menggunakan konsep tropis dengan tampilan cat cream , kusen kayu dan juga atap genteng. Pada desain baru kami coba gabungkan dengan sentuhan gaya kontemporer, beberapa usulan baru tsb antara lain penggunaan cat eksterior dominan putih, jendela dan pintu kaca berukuran besar, dan bentuk bangunan segi lima pada studio musik untuk menjembatani konsep kotak - atap miring antara bangunan baru dan bangunan lama. Selain itu penggunaan material nuansa kayu (conwood) dan material dinding batu andesit kami coba terapkan pada desain AM House ini untuk tetap memberi kesan alami pada fasad bangunan. Kami berharap kesan “baru dan kontemporer” akan terwujud saat bangunan ini selesai dibangun nantinya.



Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu



No comments: