Hotel Santika-Sanur, Bali, Indonesia


Nama Proyek : Hotel Santika-Sanur, Bali, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Team Architect : Prahmahita Rayi, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Kalimas
Lokasi : Jalan Bypass Ngurah Rai, Bali, Indonesia
Status : Desain
Luas Lahan : 3.800 m2
Luas Bangunan : 11.354 m2
Desain : 2014



Perspektif Eksterior 1





Perspektif Eksterior 2



Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4



Perspektif Eksterior 5

Perspektif Eksterior 6

Perspektif Eksterior 7



Siteplan




Lokasi Hotel ini berada di Jalan Bypass Ngurah rai, Sanur, Bali. Kondisi disekitar lokasi yang sudah padat, tidak memberikan banyak opsi untuk menampilkannya sebagai view dari dalam bangunan, karena itu konsep pengembangan hotel ini menjadi tersentral ke arah tengah, dengan menghadirkan view ke arah taman dan kolam renang sebagai point of interest dari ruang dalam. Dengan bentuk masa bangunan ditata mengelilingi site, ditujukan untuk mengoptimalkan batas site, dan kamar-kamar hotel hanya berada menghadap ke arah taman dan kolam renang di tengah, dengan model single loaded. Sementara masa bangunan di depan dibuat double loaded dengan menghadirkan kamar tidur ke arah taman dan kolam renang ditengah serta ke arah jalan didepan.

Pada lantai 1, diarea depan lobby utama yang dibuat tinggi hingga 2 lantai, dengan view ke arah kolam renang dibelakangnya, diharapkan tamu yang baru datang dapat langsung merasakan kenyamanan dari layanan hotel ini  dengan sajian interior yang baik dan terkesan luas dan clean. Kolam renang dibuat lebih rendah dari level lantai 1 agar dapat langsung terlihat keseluruhan dari arah lobby. Lalu disisi selatan terdapat restoran untuk tamu sarapan dipagi hari dengan tempat duduk disediakan pada area dalam dan luar yang langsung berbatasan dengan pool deck dari area kolam renang. Sementara di sisi utara dan barat terdapat unit-unit kamar hotel yang menghadap ke arah kolam renang dengan teras yang juga dapat langsung mengakses ke kolam renang.

Pada lantai 2 hingga lantai 5 terdapat unit-unit kamar tidur, lalu pada lantai atap difungsikan sebagai cafeteria untuk umum, bagi tamu yang ingin menikmati city view dari roof top cafe ini. Sementara pada basement difungsikan untuk area parkir tamu dan area servis seperti laundry dan dapur.  Total kapasitas dari bangunan hotel ini dapat menampung hingga 139 unit kamar. Dengan dua kelas kamar, yaitu deluxe dan suite.

Pada fasad, bangunan hotel ini mencoba tampil sedikit berbeda dengan kebanyakan hotel di Bali, konsep fasad bangunan hotel ini lebih menonjolkan kesan simple dan modern. Permainan bentuk bangunan dengan geometris yang sederhana, minim detail khas Bali, dan penggunaan material kaca.  Identitas Bali dimunculkan pada bentuk atap limasan dan kiri-kanan diberi atap terpisah dan lebih tinggi terinspirasi dari Bale Kul-kul khas Bali, lalu penggunaan material batu andesit dan kayu ditujukan untuk  tetap memberikan kesan alami layaknya bangunan khas bali yang selalu bersinergi dengan alam. 






Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: