Joglo Kstarian, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : Joglo Ksatrian
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Yoga
Lokasi : Jalan Kaliurang km 12, Yogyakarta, Indonesia
Status : Terbangun
Luas Lahan : 2.475 m2
Luas Bangunan : 1.100 m2
Desain : 2014




Perspektif Eksterior 1



Perspektif Eksterior 2



Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4


Perspektif Eksterior 5


Perspektif Eksterior 6

Perspektif Eksterior 7

Perspektif Eksterior 8

Perspektif Eksterior 9

Perspektif Interior 1

Perspektif Interior 2

Denah




FOTO TERBANGUN : 











 









Awalnya proyek “Joglo Kstarian” ini direncanakan untuk rumah tinggal saja, namun dalam perkembangan beralih fungsi menjadi rumah tinggal dengan beberapa bangunan dapat disewakan layaknya guest house. Masa bangunan rumah ini terdiri dari 9 unit bangunan dimana 2 unit bangunan berfungsi untuk service, 3 unit bangunan limas an sebagai bangunan yang disewakan, 3 unit bangunan joglo dan limas an sebagai area bersama, dan 1 unit bangunan limas an sebagai bangunan rumah tinggal utama. Bangunan dalam proyek ini mayoritas menggunakan joglo dan limasan lawasan, sebagian dibiarkan apa adanya dengan bahan full kayu dengan dinding model gebyok, sementara beberapa bangunan lainnya, dilakukan modifikasi dengan penggunaan dinding bata dengan finishing cat dan batu alam.


Zona pada proyek ini dibagi menjadi 3 zona utama, zona pertama adalah area semi-publik dimana letaknya dibagian terdapan ,sebagai akses utama berupa area garasi untuk 6 unit mobil, ruang security, ruang tamu public, dan zona drop-off. Sehingga tamu yang tidak terlalu dekat dan tidak menginap/menyewa unit kamar di Joglo Kstarian ini, maka hanya diterima sampai di ruang tamu di area ini saja. Zona ini diberi pagar ke arah jalan dan juga pagar ke arah ruang dalam.

Setelah itu masuk ke dalam melalui pintu gebyok khas jawa dan melewati kolam ikan koi dengan jembatan kayu dari bahan kayu bekas bantalan trafo, terdapat zona kedua berupa zona semi-private terdiri dari bangunan pendopo utama berupa joglo lawasan dengan tumpang sari yang indah pada detail rangka atapnya diantara soko-soko yang berdiri gagah. Lalu tumpang sari dan soko dibiarkan dengan warna natural khas kayu jati lawas dengan warna yang mulai kehitam-hitaman. Selain itu terdapat 2 bangunan area bersama lainnya berupa limas an kecil untuk mushola dan bangunan limasan lainnya untuk ruang makan bersama keluarga dan tamu yang menginap.

Masuk ke dalam terdapat kolam renang yang dikelilingi bangunan yang lebih private, yaitu 3 unit limasan yang berfungsi sebagai bangunan untuk disewakan, dan 1 unit bangunan limasan utama untuk keluarga owner tinggal. Dan disebelahnya sisi selatan terdapat bangunan service yang berfungsi untuk ruang tidur pembantu, dapur, dan ruang cuci-jemur pakaian. Dan disisi utara terdapat bangunan tinggi dengan atap seperti gazebo, yang berfungsi sebagai gardu pandang untuk menikmati view ke arah gunung merapi, dan dibawahnya diberi kolam yang mengelilingi gardu pandang tersebut yang digunakan untuk memelihara ikan konsumsi seperti nila, bawal,dan patin.

Sekeliling area Joglo Kstarian ini masih berupa sawah, sangat tenang, dan nyaman. Udara pagi yang bersih dan sejuk, disaat malam masih terasa udara dingin khas daerah tinggi mengingat lokasi joglo ini di daerah kaliurang km 12. Sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati suasana kota yogya yang lebih tenang dan jauh dari keramaian. Letaknya yang dekat dengan kampus UII (15 menit) , dapat dijadikan tempat menginap bagi keluarga dari para mahasiswa UII yang ingin mengunjungi anaknya atau menghadiri acara wisuda sanak saudaranya yang kuliah di UII.








Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 




No comments: