FH House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : FH House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Fahmi Khoiri
Lokasi : Griya Taman Asri, Yogyakarta, Indonesia
Status : Terbangun
Luas Lahan : 270 m2
Luas Bangunan : 265 m2
Desain : 2013

Perspektif Eksterior 1


Perspektif Eksterior 2


Perspektif Eksterior 3

Perspektif Eksterior 4


Perspektif Eksterior 5


Perspektif Eksterior 6

Perspektif Eksterior 7

Perspektif Interior 1


Perspektif Interior 2

Perspektif Interior 3



FOTO TERBANGUN : 









Denah lantai 1


Denah lantai 2



Bentuk lahan dari site ini begitu unik, dengan bentuk trapesium berukuran lebih besar pada sisi depan dan mengecil pada lebar sisi belakang. Sehingga penataan ruang-ruang harus mempertimbangkan batas lahan yang berbentuk miring disisi samping. Serta mempertimbangkan bentuk bangunan 2 lantai ini sehingga dari area depan tetap terlihat baik dan proporsional. Ide utama yang ingin kami wujudkan pada bangunan rumah ini adalah terdapat taman di sisi depan, belakang dan lantai 2 berupa roof garden.


Bangunan rumah ini terdiri dari 2 lantai, dengan fungsi di lantai 1 adalah untuk garasi, ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, mushola dan 2 buah kamar tidur. Sedangkan dilantai 2 berfungsi untuk ruang kerja, ruang santai keluarga, kamar tidur anak, dan ruang servis untuk ruang cuci dan jemur pakaian. Pada lantai 1 terdapat bukaan besar baik berupa pintu lipat maupun jendela berukuran besar di sisi menghadap taman dibelakang dari ruang keluarga dan mushola. Dan pada ruang tamu menuju ruang keluarga menggunakan sekat berupa pintu lipat yang dapat dibuka sewaktu-waktu dibutuhkan untuk acara keluarga maupun acara warga sekitar seperti pengajian maupun rapat warga. Sehingga akan didapat ruang terbuka yang menyatukan ruang tamu, ruang keluarga, dapur hingga area mushola. 

Pada lantai 2 terdapat pintu dan jendela besar untuk melihat view ke arah taman dibelakang dan view ke arah roof garden didepan. Area tangga diberikan jendela besar baik disisi lantai 1 dan lantai 2 sebagai tempat masuknya cahaya alami. Bentuk bangunan berkonsep bangunan tropis dengan atap miring menggunakan rangka kayu yang diekspose dan membuat tinggi plafon dengan lantai menjadi besar dan meningkatkan kenyamanan thermal di ruang-ruang dalamnya. Dengan banyaknya bukaan baik berupa pintu berjaluzi, jendela, dan rooster, diharapkan menjadi tempat masuknya penghawaan alami dan membuat ruang dalam menjadi lebih nyaman. Pada fasad bangunan rumah ini menggunakan tema material berkesan alami dengan paduan warna cat krem, batu paras, conwood, kayu, dan atap terakota. 






Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 




No comments: