VY House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : VY House
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Ibu Verry
Lokasi : Lempongsari, Yogyakarta, Indonesia
Status : Desain
Luas Lahan : 450 m2
Luas Bangunan : 246 m2
Desain : 2013



Perspektif Eksterior 1



Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 4

Perspektif Eksterior 5

Perspektif Eksterior 6

Perspektif Eksterior 7

Perspektif Eksterior 8

Perspektif Eksterior 3

Perspektif Interior 1

Perspektif Interior 2

Perspektif Interior 3

Perspektif Interior 4

Denah lantai 1

Denah lantai 2



Site dari rumah ini tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil, sangat pas. Rumah tinggal ini terdiri dari 3 buah masa bangunan, yaitu masa bangunan untuk ruang keluarga dan dapur, masa bangunan kamar tidur utama, dan masa bangunan untuk kamar tidur anak. Pada bagian depan terdapat bangunan utama yang berfungsi untuk ruang keluarga yang menyatu dengan dapur, memiliki teras belakang yang besar yang difungsikan untuk ruang makan dan tempat bersantai. Sekeliling bangunan diberi jendela-jendela berukuran besar, untuk melihat view ke arah taman baik di sisi depan dan dan taman dan kolam renang di sisi belakang. Pada bagian sisi samping bangunan utama ini terdapat ruang servis untuk kamar tidur pembantu dan ruang cuci-jemur pakaian. Seluruh site diberi pagar yang cukup yaitu 2 meter untuk menjaga privasi di area dalam rumah.

Bangunan berikutnya difungsikan untuk kamar tidur utama, dengan pintu kaca lipat menghadap kolam renang. Dan dibagian belakang kamar tidur terdapat kamar mandi yang menyatu dengan taman. Sehingga memberikan pengalaman ruang yang menarik layaknya menginap di resort dengan berendam di bathtub sambil melihat view ke taman kecil di sampingnya. Bangunan terakhir adalah bangunan 2 lantai yang berfungsi untuk 3 buah kamar tidur, yaitu untuk kamar tidur tamu dan kamar tidur anak-anak. Masing-masing kamar memiliki teras dan balkon untuk melihat view ke arah taman dan kolam renang. Selain kolam renang pada area taman juga terdapat gazebo untuk tempat bersantai.

Pada fasad bangunan banyak menggunakan material batu paras yogya dipadukan dengan dinding dengan cat cream dan warna-warna natural lainnya dari material kayu dan atap genteng terakota. Pada teras menggunakan model tiang-tiang kayu yang dibuat miring, serta lantai teras menggunakan papan kayu ulin hingga ke area kolam renang. Sementara pada bagian interior banyak menggunakan warna cat putih yang dipadukan dengan warna kayu yang gelap, batu paras yogya, dan detail atap yang menggunakan papan kayu dibagian atas usuk rangka atap.





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 






2 comments:

ruudarwana said...

Desainnya keren mas.....saya pingin sekali didesainkan seperti ini di lahan saya di semarang ukuran panjang 30 m lebar 11 m ....kalo bisa hubungi saya via e-mail ruudarwana@gmail.com

Mario or Marjo (MoM) Architect said...

@ruudarwana : baik bapak, akan kami hubungi via email. terima kasih dan sukses selalu.