Cafe & Galeri Sungai Belau, Bandar Lampung, Indonesia

Nama Proyek : Cafe & Galeri Sungai Belau, Bandar Lampung, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : -
Lokasi : Jalan W.A. Rahman, Bandar Lampung, Indonesia
Status : Conceptual Design
Luas Lahan : 6.000 m2
Luas Bangunan : 690 m2
Desain : 2013


Perspektif Eksterior 1



Perspektif Eksterior 2

Perspektif Eksterior 3 (Galeri)


Perspektif Eksterior 4 (Galeri)

Perspektif Eksterior 5 (Cafe)

Perspektif Eksterior 6 (Cafe)

Perspektif Interior 1 (Cafe)



Siteplan




Kondisi site bangunan cafe dan galeri ini sangat eksotis, berada di lahan yang berkontur, dengan sungai dibelakang dan memiliki view ke arah laut. Owner memiliki rencana lahan ini akan dipergunakan untuk area hiburan bagi masyarakat kota Bandar Lampung, pada tahap awal akan dibangun cafe dan juga galeri. Lalu tahap berikutnya akan direncanakan untuk pembangunan gedung convention hall dan juga water park di lahan yang berdekatan dengan sungai dibelakang. 

Bangunan galeri terdiri dari 2 lantai dengan fungsi lantai 2 yang berada selevel dengan jalan dan area parkir, ditujukan untuk galeri, lalu pada lantai 1 sebagai restaurant memiliki view ke arah sungai dan laut dibelakangnya. Terdapat 3 buah gazebo sebagai tempat untuk bersantai juga tamu menikmati makanan di restaurant. Gazebo ini terinspirasi dari kain tapis khas lampung, lalu ditransformasikan dalam bentuk fasadnya dengan permainan besi sebagai kisi-kisinya. Ketiga gazebo dikelilingi kolam ikan koi, yang juga difungsikan sebagai reflecting pool untuk mendapatkan view yang eksotis pada gazebo dengan background laut dibelakangnya.

Selain bangunan galeri terdapat bangunan 2 lantai yang difungsikan untuk cafe. Cafe ini didesain dengan bentuk bangunan yang sederhana, dan dinding luar berupa pintu-pintu kaca dengan kisi-kisi kayu ulin sebagai secondary skin pada fasadnya. Pada lantai 1 bagian belakang terdapat lantai teras besar dengan decking kayu dan infinity pool yang memiliki view ke arah laut. Desain infinity pool dibuat berbentuk organik mengikuti garis kontur lahannya.







Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu




No comments: