MoM House, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : MoM House, Yogyakarta, Indonesia
Principal Architect : Mario Andreti, ST
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Mario Andreti
Lokasi : Yogyakarta, Indonesia
Status : Terbangun
Luas Lahan : 97 m2
Luas Bangunan : 90 m2
Desain : 2012


Tahap 1


Tahap 2

Tahap 3




Perspektif Eksterior 



Perspektif Eksterior 


Perspektif Interior 1

Perspektif Interior 2


FOTO TERBANGUN : 




Tahap 1

Tahap 2

Tahap 3












Denah lantai 1



Denah lantai 2


Box atau kotak, satu diantara bentuk murni geometri. Kotak terdiri dari 8 titik, 12 garis, yang membentuk ruang diantaranya. Rumah adalah tempat dimana kita ingin merasa nyaman, tercukupi, dan merepresentasikan identitas diri kita. Rumah Kotak ini kami pilih sebagai tempat yang ingin kami tinggali, hidup, dan membesarkan anak-anak kami, secara sederhana dan apa adanya. Kami ingin memiliki privasi dan kami ingin sedikit "tampil beda" terhadap lingkungan sekitar. Sehingga dibuatlah bentuk masif kotak ini dengan warna putihnya, dan menyembunyikan pintu masuk utama dari arah jalan, diganti menjadi masuk dari dalam carport. 

Sebagai keluarga muda yang belum mapan, kami memiliki keterbatasan dari sisi finansial yang membuat kami harus berpikir bagaimana skenario terbaik untuk pembangunannya secara bertahap. Bangunan ini dibuat menjadi 2 tahapan, dimana tahap pertama dibangun dengan 1 masa bangunan berukuran 6 x 6 meter (Tipe 36), diletakkan agak ditengah lahan, dengan mempertimbangkan area pengembangan untuk bangunan tahap 2. Tahap 2 akan dibuat bangunan bertingkat diatas carport untuk tambahan kamar tidur.

Pada tahap akhir, bangunan ini pada lantai 1 memiliki ruang keluarga yang terbuka dengan ruang dapur, lalu terdapat ruang kerja kecil didekat kamar mandi. Selain itu terdapat satu buah kamar dilantai 1 yang dapat difungsikan untuk kamar anak atau kamar tidur tamu. Pada lantai 2 terdapat 2 kamar tidur  yaitu untuk kamar tidur utama dibagian paling depan yang memiliki balkon ke arah jalan. Dan 1 kamar tidur anak dengan tambahan mezzanine cantilever beton, menjorok keluar bangunan untuk tempat tidur. Sementara di roof top direncanakan untuk roof garden sebagai alternatif tempat bersantai sambil menikmati pemandangan ke arah sawah di sisi barat, dan pemandangan ke arah kota di sisi timur.







Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 





No comments: