AW House, Tangerang, Indonesia

Nama Proyek : AW House
Principal Architect : Mario Andreti ,ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Bapak Arief Wismansyah
Lokasi : Tangerang, Indonesia
Status : Underconstruction
Luas Lahan :  4.325 m2
Luas Bangunan : 900 m2
Desain : 2011




Perspektif Eksterior 1



Perspektif Eksterior 2


Perspektif Eksterior 3



Perspektif Eksterior 4


Perspektif Eksterior 5

Perspektif Eksterior 6


Perspektif Eksterior 7


Perspektif Interior 1

Perspektif Interior 2

Perspektif Interior 3

Referensi

Siteplan


Denah bangunan utama






 FOTO PELAKSANAAN PEMBANGUNAN :










Perencanaan awal bangunan ini dimulai dari keinginan owner untuk membuat rumah tinggalnya dengan gaya bangunan khas Maroko. Lalu dilanjutkan dengan mencari referensi-referensi bentuk serta konsep dasar bangunan dengan style maroko. Dari pencarian tersebut, mulai disusun konsep-konsep desain, mulai dari penataan siteplan, layout ruang, serta detail-detail arsitektur yang mencirikan style maroko tersebut.

Rumah ini terdiri dari 3 masa bangunan yaitu masa bangunan utama, yang berfungsi sebagai rumah tinggal, berisi ruang keluarga, dapur, dan kamar tidur. Masa bangunan kedua adalah pendopo dan mushola, yang akan dipergunakan oleh owner untuk menerima tamu, yang sering kali dalam jumlah banyak (rombongan), serta untuk mengadakan acara-acara pengajian. Masa bangunan ketiga berfungsi untuk garasi dan kamar tidur driver. Dari tiga masa bangunan tersebut dibagialah menjadi 2 zona utama, yaitu zona public, terdiri dari bangunan pendopo dan area parkir, lalu zona privat terdiri dari bangunan utama dan garasi. Sedangkan orientasi bangunan disepakati menghadap ke arah kiblat, dan dibuatlah sumbu utamanya.

Bangunan utama berbentuk bangunan yang terdiri dari beberapa masa dan dihubungkan dengan selasar, dengan diberikan halaman terbuka atau sering disebut oleh orang maroko dengan istilah Wast ed-dar. Wast ed-dar berada ditengah bangunan, halaman terbuka ini menjadi center point dari kegiatan para penghuni rumah. Wast Ed-dar biasanya berada diantara dua living room (depan-belakang) dan disisi samping biasanya difungsikan untuk area servis, seperti dapur. Wast ed-dar merupakan simbol dari tingkat sosial keluarga yang menempati rumah tersebut, semakin besar wast ed-dar yang dimiliki, semakin besar rumah dan tingkat sosial dan ekonomi pemilik rumah. Wast ed-dar ini dapat dibuat dalam 2 bentuk, yaitu Dar dan Riyad.
  1. Dar , halaman terbuka berupa lantai dengan bahan keras (bukan tanah), dilengkapi fountain, dan tanpa tanaman. Pada desain rumah ini, Dar dihadirkan diantara kamar tidur utama dan kamar tidur anak.
  2. Riyad, halaman terbuka berupa taman dengan ditumbuhi tanaman-tanaman baik berupa pohon maupun sekedar tanaman kecil, dengan fountain di tengah-tengah. Pada desain rumah ini, Riyad diletakkan diantara ruang tamu dan ruang keluarga, dengan sisi samping berbatasan dengan dapur.
Tata ruang bangunan utama ini terdiri bangunan depan berfungsi untuk ruang tamu dan ruang meeting. Melalui selasar ke belakang terdapat masa bangunan yang berfungsi untuk kegiatan keluarga, terdiri dari ruang keluarga, ruang belajar, ruang kerja, mushola, ruang makan, dapur, kamar tidur utama, dan kamar tidur anak.  Diantara kamar tidur anak dan kamar tidur utama terdapat area terbuka dengan kolam dan fountain. Lalu di area belakang terdapat teras besar dengan atap dan tiang-tiang menggunakan detail-detail arsitektur khas maroko.

Perkembangan arsitektur Maroko tidak lepas dari situasi alam yang ada, yaitu gurun pasir, sehingga warna yang coba ditampilkan adalah warna-warna dominan cream mendekati warna pasir. Ciri lain yang coba dihadirkan pada fasad bangunan rumah ini adalah mozaik khas maroko, fountain yang menempel pada dinding fasad, bentuk lisplank yang khas, serta motif-motif islami yang dihadirkan pada dinding fasad. Pada ruang dalam juga secara konsisten dihadirkan motif-motif dan kekhasan bangunan style maroko, antara lain bentuk plafon menggunakan  bentuk-bentuk geometri, dan selasar diberi ekspose kayu. Selain itu detail-detail dinding dalam juga mengadopsi beberapa style maroko. 





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 





No comments: