Mr Abdul Gafur House, Depok, Jawa Barat, Indonesia

Nama Proyek : Mr Abdul Gafur House
Principal Architect : Mario Andreti ,ST. 
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : Abdul Gafur
Lokasi :  Griya Tanjung Barat, Depok, Jawa Barat, Indonesia
Luas Lahan : 126 m2
Luas Bangunan : 144 m2 
Desain : 2008



Perspektif Eksterior 1




Perspektif Eksterior 2




Perspektif eksterior tahap 1 (1 lantai)




Denah

Pemilik rumah, bapak Abdul Gafur, membeli sebuah kavling disebuah lokasi perumahan di depok, dengan luas lahan 126 meter persegi. Bangunan ini direncanakan untuk dua lantai, dengan pembangunan yang bertahap, yaitu tahap awal adalah membangun lantai 1 keseluruhan, dilanjutkan tahap berikutnya pembangunan lantai 2. Dengan pertimbangan tersebut maka desain bangunan coba dibuat dengan mendesain 2 lantai, lalu dibuat desain dengan satu lantai dengan menggunakan atap datar (dak beton).

Pada lantai satu, bangunan ini memiliki ruang tamu, ruang keluarga, dapur, ruang makan, kamar tidur tamu yang ditahap awal difungsikan untuk kamar tidur utama, dan kamar tidur pembantu yang ditahap awal difungsikan terlebih dahulu untuk kamar anak. Pada lantai dua terdapat ruang televisi untuk keluarga, dua buah kamar tidur anak, dan kamar tidur utama. Rumah ini memiliki lebar tanah 9 meter, namun coba dibuat taman samping berukuran lebar 2 meter memanjang ke belakang, sehingga ruang dalam masih memiliki bukaan ke arah taman untuk masuknya pencahayaan dan penghawaan alami.

Bentuk bangunan ini berkonsep bangunan modern dengan bentuk geometris yang tegas, dominasi warna putih, serta jendela-jendela kaca yang besar. Namun pada beberapa bagian tetap diberi sentuhan warna-warna natural yang diperoleh dari batu alam (batu paras) pada dinding serta material kayu pada pintu jendela. Atap menggunakan konsep roof garden, dengan dominasi rumput dan tanaman lainnya yang tepat ditanam pada tanah yang tidak terlalu dalam. Dengan tambahan atap transparan pada sebagian roof garden ini, diharapkan roof garden ini akan menjadi alternatif tempat bersantai bersama keluarga. 





Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 




12 comments:

TiQi Bo said...

Jo, there's only one thing that crossed my mind when I saw this design. About the planter on the to floor. There's a part where you can't access it, right? how could you maintain the plants in there, since there's no balcony on one side, and there's only a poly carb frame structure for carport on the other side... just a moronic thought of mine.. I guess, you've figure it out, right?

AW said...

wah minimalis keren...pake program apa ya kok mirip aslinya

YAYAN said...

ok gambarnya...pake software apa ya

Mario or Marjo (MoM) Architect said...

@Tiqi
Tiqi, untuk atap rumput saya meberikan akses, karena atap rumput itu selain untuk mengurangi radiasi panas dari atap dak juga sebagai area yang dimanfaatkan untuk bersantai dna lain-lain. Sehingga tentu saja maintenance harus diperhatikan.
Terima kasih utk komentarnya tiqi.

@AW & YAYAN
saya menggunakan 3ds max dengan plug in v-ray.
Terima kaish sudah mampir dan memberi komentar.
Sukses selalu.

Unknown said...

Tertarik dengan design ini mas Mario,
> design atap seperti itu merawatnya susah ndak ya,?
> kalau diganti atap pelana kuda jadinya kayak apa ya?

good job

Andi Irwan said...

Biaya rumahnya kira2 berapaan nih. yang 1 lantai sama yg 2 lantai

Noviandy Husni said...

menarik sekali design rumahnya...
boleh tau biaya lantai 1 dan lantai 2 nya...

Nanth.Cassiopeia said...

mantabbbb !!

Mas Pingi said...

Cakep banget, dijakarta rumah Perspektif eksterior tahap 1 (1 lantai) pas banget! Nyaman dan diatas atap bisa bwat ngerjain job.

(Y) ditunggu karya selanjutnya! :)

jon kenedi said...

di tunggu jawaban dari mas mario

anastris said...

waa keren sekali mas.. kalau misalnya rumahnya lebih kecil, tanah sekitar 72-80 dan bangunan yg sekarang 60an apakah bisa diterapkan mas?

ada sample gambar sama (atap beton) tapi buat rumah kecil atau minimalis gak mas?
kalau ada mohon info ya pengen liat hasil karya lainnya
thanks ya

Unknown said...

masih menunggu jawaban dari mas Mario