Saturday, January 17, 2009

Kantor Design Grafis, Yogyakarta, Indonesia

Nama Proyek : Kantor Desain Grafis
Principal Architect : Mario Andreti ,ST. 
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : -
Lokasi : Jalan Kapten Tendean, Yogyakarta, Indonesia
Luas Lahan : 1.104 m2
Luas Bangunan : 1.800 m2 
Desain : 2006



Perspektif eksterior dan maket

Lokasi Kantor Desain Grafis ini berada di jalan Kapten Tendean bersebelahan dengan lokasi SMU Muhammadiyah 3, Yogyakarta. Letaknya yang strategis dan masih berada dalam daerah kota membuat lokasi ini sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai sebuah kantor desain grafis. Dimana saat ini masih banyak kalangan kita yang belum mengenai profesi ini. Oleh karena itu, bangunan kantor ini selain berfungsi untuk mewadahi segala kegiatan dari perusahaan desain grafis ini juga memiliki misi untuk lebih mengenalkan mengenai profesi ini. Sehingga harapannya Yogyakarta bisa menghasilkan para generasi muda yang paham dan mulai melirik profesi ini sebagai sebuah alternatif proses kreatif dan menjadikannya sebagai salah satu jenis lapangan kerja yang baru. Ukuran tanah sekitar 1.104 meter persegi, dirasa cukup untuk mewadahi aktifitas dari perusahaan desain grafis ini nantinya.


Denah lantai 1 dan 2


Konsep desain

Dahulu seni desain grafis ini sebenarnya sudah ada,namun belum terlalu dimaksimalkan fungsinya. Saat ini pada perkembangannya, desain grafis sangat berkaitan dengan dunia komputer atau IT, sehingga dimunculkan beberapa konsep mengambil dari bentukan-bentukan peralatan komputer dan pada beberapa konsep bentuk lainnya dengan tambahan proses eksplorasi style dan tema dari beberapa karya desain grafis yang cenderung beraneka ragam langgamnya. 



Perspektif eksterior 2


Bangunan ini terdiri dari tiga lantai, yang pertama adalah semi-basement yang berfungsi sebagai area parkir, lalu lantai satu berfungsi sebagai aktivitas produksi,meliputi studio, ruang cetak, bengkel produksi, ruang komputer, ruang homepage, dan didukung dengan fasilitas cafe di area belakang sehingga aktifitas karyawan akan dominan berada pada lantai satu ini. Sementara lantai dua lebih ditujukan pada fungsi administrasi, perpustakaan serta ruang direksi. Yang menarik dari lay out ruang dalamnya adalah pola dan bentukan yang cenderung fraktal dan tidak simetris, membuat kesan mengalir namun tidak beraturan. Hal ini merupakan perwujudan sebuah karya desain grafis yang sangat membutuhkan kesan kreatif, tampil beda namun tetap dalam norma-norma yang ada.


Perspektif eksterior 3

Pada fasade bangunan terlihat sekali permainan-permainan titik, garis dan bidang hingga membentuk sebuah pola-pola dan mencoba menampilkan hal-hal yang berkaitan dan mencirikan karya seni desain grafis. Antara lain pada bagian tampak selatan, terdapat beberapa permainan detail bentuk yang melambangkan keyboard dan mouse, grafik statistik, dan pola yang berulang atau irama pada detail rangka baja dengan kaca yang memberi kesan transparan. Pada bagian utara dan selatan sengaja didominasi oleh kaca-kaca besar agar bisa memaksimalkan cahaya alami. Sementara bagian timur dan barat tidak terlalu banyak bukaan kaca untuk mengurangi masuknya panas radiasi matahari.



Perspektif eksterior 4

Permainan masa bangunan yang beragam, lengkung, sudut tajam, siku, keluar, masuk, ditujukan untuk mencitrakan bahwa karya desain grafis selalu mengajak untuk selalu berfikir kritis, kreatif, dan tidak monoton, sehingga kebenaran dapat bersifat sangat relatif dan berdasarkan kemampuan masing-masing individu dalam menginterpretasi karya tersebut. Selain itu penggunaan material yang beraneka ragam mulai dari batu alam hingga logam seperti besi dan baja, semakin menguatkan kesan bahwa desain grafis dapat ditampilkan dengan media apa saja dan metode apa saja mulai dari tampilan hingga dasar pemikiran yang berada didalamnya.




Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu 


5 comments:

ecopropagangster said...

nice design Mario...Good Luck!!!

Mario Andreti Architect said...

@Ecopropagangster : thanx for Visit.
:)

teambangun said...

mantaps desain nya mas....

Ardi daeng Manye said...

sketsa & desainyya bagus!

Anonymous said...

pak mario, ada nggak desainnya yang dijelasin tentang strukturnya...
biar lebih mudah mempelajarinya..
terima kasih.