Tuesday, December 11, 2007

Masjid Perumahan Citra Indah, Cibubur

Nama Proyek : Masjid Perumahan Citra Indah, Cibubur
Principal Architect : Mario Andreti ,ST.
Architecture Firm : MOM Architect
Owner : -
Lokasi : Perumahan Citra Indah, Cibubur, Indonesia
Status : Concept Planning
Luas Lahan :300 m2
Luas Bangunan : 196 m2
Tahun : 2007

Gambar Perspektif Interior 1

Seorang Mukmin sejati pantang untuk berpikir buruk (su'uzon) kepada orang lain, dan selalu menyambut tamunya dengan senang (sunnah rasul untuk selalu menghidangkan sesuatu yang terbaik untuk tamu), bahkan musuh sekalipun. 

Desain masjid ini dibuat dengan model terbuka, yaitu dinding luar dibuat tanpa jendela dan pintu. Hanya diberi pasangan bata dengan batu alam setinggi 1 meter, mengelilingi  ruang shalat. Tujuannya agar nuansa masjid ini lebih berkesan ramah dan terbuka untuk siapa saja yang ingin masuk ke dalam rumah ibadah ini, selain itu sirkulasi udara juga dapat dilakukan secara alami. Hal ini saya lakukan karena pada beberapa masjid yang pernah saya temui, sering kali memiliki pintu yang dikunci oleh pengurusnya, sehingga ketika orang ingin masuk pun menjadi sulit, beberapa masjid dengan jendela tertutup, terasa pengap dan harus selalu menghidupkan kipas angin. Namun ada konsekuensi terhadap desain seperti ini, yaitu pengurus masjid dan jamaah, harus lebih sering membersihkan ruangan dalam , akibat potensi debu yang masuk dari luar.



Gambar Perspektif Eksterior 1


Gambar Perspektif Eksterior 2



Gambar Denah


Gambar Potongan


"Allah Maha Indah dan menyukai keindahan".

Desain bangunan masjid ini saya buat dengan menampilkan bentuk yang sederhana dan tidak harus berbiaya mahal dalam pembangunannya, sehingga umat disekitar masjid ini dapat memulai pembangunannya dengan segera. Pada sisi dinding samping terdapat pintu-pintu utama juga masing-masing stau dengan bentuk seperti pintu utama, hal ini ditujukan untuk alternatif akses makmum masbuk Pria (makmum yang terlambat) ke dalam barisan shaf pria  tanpa harus mengganggu shaf wanita yang sedang shalat. Lalu Terdapat relief kaligrafi dari batu paras pada dinding samping, hal ini ditujukan untuk menambah keindahan bangunan serta mengingatkan kita pada pegangan hidup umat Islam yaitu Al-Qur'an dan Sunnah.

Gambar Perspektif Eksterior 3


Dikiri kanan pintu utama terdapat rak sepatu dan sandal yang dibuat masuk ke dalam dinding,hal ini ditujukan  mengajak jamaah untuk bersikap rapi dan bersih terutama dengan menyusun sepatu dan sandal mereka saat masuk ke masjid ini, sehingga sepatu dan sandal tidak berserakan seperti yang sering nampak pada beberapa masjid yang saya temui. Posisi tempat wudhu dipisahkan antara pria dan wanita agar potensi bersentuhan dan saling memandang aurat bisa dihindari.



Gambar Sketsa Konsep




 Tetap Fokus, Konsisten, dan Sukses Selalu



17 comments:

Mohammed RP, ST said...

coba cari buku 99 kesalahan dalam mesjid...
masih banyak yg kurang dari desainnya...
hati-hati dalam mendesain sebuah bangunan ibadah..
dunia akhirat dampaknya...
ok bro...
kalo susah cari bukunya, gw punya kalo mo dipinjem...

2-loom said...

assalamu'alaikum,
we bocah, pie kabare? wawai gawoh? wakakaka^^

btuh comment kan?^^

1. desain loe oke, keliatan hidup,
cuma jangan cuma bikin tempat ibadah disaat cuaca cerah aja,
perhitungkan juga saat cuaca hujan badai, dengan rongga pintu dan jendela yg sebesar itu + ketinggian atapnya(terutama atap bagian depan) kira2 bagian dalam masjid bakal basah kuyup ga ya dikala hujan lebat?^^
2. btw, sendal en sepatu bakal di taruh dimana ya?
3. merepotkan sekali kalo WC tidak bisa d akses langsung dari tempat wudhu(dengan desain seperti saat ini, orang yg datang pertama kali ke masjid itu akan berpikir "masjid ini WC-nya dimana ya?", hal ini akan terjadi terutama pada orang2 yg baru pertama kali datang ke perumahan tersebut)
4. hijab ikhwan/ahwat harus d pasang sendiri ya? dimana bakal dipasang?
5. gimana kalo lemari "ditanamkan" juga ke dalam dinding(d sebelah kanan imam lebih tepatnya, maksudnya biar ga "makan" ruang di dalam masjid).
6. ini point terpenting, "katil" bakal ditaruh dimana coy?^^ masa iya katil mo disimpen didalem masjid, bisa kabur jama'ah-nya, wakakakakakak^^

dari gue sih itu aja, mo comment lebih jauh sih tanya si konsumen yg pesen desain itu (kalo dalam kasus gue sih biasanya liat wajah si konsumen waktu dia liat desain gue, kalo dia tersenyum gembira sambil bilang "wow!"/"wah!" itu berarti dia suka. Tapi kalo cuma tersenyum doang + komentar seadanya, berarti desain buatan gue gagal d mata dia)

Pudji Handayani said...

menurut gw si,,,
1. bagus si klo mesjidnya terbuka,, udaranya gampang masuk,, tapi,, klo matahari terik,,panas banget ga sih? jadinya ga tenang deh ibadahnya,,,

2. wc nya ditembus aja Mar pintunya dari tempat wudhu,,jadi pintunya jangan di bagian lainnya,,
lebih enak aja,,klo abis dari wc trus gampang klo mo langsung wudhu,,

3. pintu depannya kurang gede deh,,, klo gw liat gambar lu sih,,yg terkesan di gw masjidnya tertutup sekali,,

4. oiya,,trus klo mesjidnya terbuka banget,,emang si kesannya biar gampang klo mo shalat,,tapi jadinya ya tau lah orang2 jadinya masuk2 aja trus numpang tidur de di masjid,,

5. karena babe gw orang pengairan,,jangan lupa bikin saluran air biar ga banjir,,haha,, trus bikin masjidnya agak tinggi ya dari daerah sekitarnya,,biar ga tenggelam pas (misalnya) banjir,,,

itu aja sih,,, oiya,, maaf ya klo kata2 gw ga enak,,ga sopan,,tapi ya begitulah gw,,,maafkan aku ya,,,

hohoho,,sukses ya Mar,,

Febriandi Rahmatulloh said...

Dear Marjo gw dah balik lagi to the town nih... terimakkasih banyak atas bantuannya selama mesjid itu jadi dan dipake ibadah selama itu juga loe bakal dapet pahala Jo yang bakal jadi tabungan nanti semoga cepet lulus cepet gabung di sini & cepet nikah.


Salam,

Bang Febri

Mario or Marjo Architect & Partners said...

Sebelumnya terima kasih untuk commentnya. Tidak perlu ragu, say justru senang terhadap kritik-kritik yang tajam...hehehe

Untuk pertimbangan cuaca, ya memang sangat dipertimbangkan sekali, agak beresiko untuk membuat terbuka seperti ini, namun hal ini juga sebagai bentuk solusi untuk mengatasi keterbatasan dana. Jadi desain yang sederhana ini lebih kepada memfasilitasi niat baik dan tulus dari masyarakat di perumahan ini utk segera mgkin membuat masjid yg cukup baik, dengan budget yg pastinya cukup terbats. Saya berpikir, drpada kita paksakan besar, mewah tp tidak beratap, akan lebih baik, bagaimana kita benar2 bisa memaksimalkan budget yg terbatas ini, menjadi sebuah masjid yg nyaman dan layak pakai.

Utk masalah tidur di masjid, kenapa tidak??? Saya pikir tidak maslah jika ada yg memanfaatkan masjid sebagai tempat istirahat, karena saya juga sering.hehehe
Entah hnya cuma persepsi saja, tp sy rasakan ketenangan saat tidur di masjid. hehehe


Utk masalah kenapa WC pintunya tidak dari tempat wudhu?
Hal ini setelah sya konsultasi dgn slh satu tmn yg ckp soleh bernama Deni, dan tahu banyak ttg hukum islam. Dia berpendapat sebaiknya pintu terpisah, krena org yg keluar dr WC memiliki hadas atau najis, sehingga klo bersentuh dgn yg sdh berwudhu, akankah sgt tdk baik?
Bahkan dia tadinya menyarankan utk mebuat pintu masuk tmpt wudhu terpisah dgn tmpt keluarnya.


Untuk masalah kepuasan klien, tinggal tanya bang Febri langsung saja. hehehe


Terima kasih bgt buat komennya teman2...

sukses selalu


Mario Andreti

Romance_Dawn said...

G BUKAN NGOMENTARI KEKURANGAN ATAWA KELEBIHANNYA YO...

CM SATU YG NYANGKUT BEGITU LIAT MODELNYA...
G SUKA SAMA YG SEDERHANA2 N MINIMALIS, TP UNTUK SEBUAH MASJID APA MODELNYA GAK TERLALU 'RUMAH'...???

ITU AJA SIH...
KPN WISUDA...???
CB SURUH KAKAK G WISUDA LG... DAH KETUAAN DIA DI UGM...
HE..HE... ^_^

TiQi Bo said...

Gw urun pendapat ya, Jo...

memang gak sebaiknya sebuah masjid terkesan sbagai tempat menonjolkan kekayaan masyarakat skitarnya, tapi mesjid, ataupun tempat ibadah yang lain, harus mencerminkan keagungannya.

Gada salahnya kalo lo pengen ngedesain smua serba terbuka, gag masalah. Tapi masjid juga jadi tempat perlindungan buat orang2 yang tertimpa musibah. Lo boleh jadi udah pernah ngerasain terlelap sejenak di masjid, tapi bukan bener2 tidur semaleman slama berhari2, kan?

Gw bukannya membandingkan ide lo dengan ide orang lain, tapi coba lo liat gerejanya romo mangun (gw lupa namanya, tapi Okta ars '03 punya filenya, keknya), tetep sederhana, tetep terbuka, tapi dia bisa memunculkan suasana khidmat, khusyu' yang dibutuhkan orang dalam sebuah tempat ibadah.

Gw akuin, butuh banyak pertimbangan dalam mendesain tempat ibadah, bagi agama apapun. Gw sekarang juga lagi pusing soal worship place gitu... Tapi, gada salahnya kita nyoba, kan?

Keep struggling, Jo!

cheers!

emerald said...

aku kurang ngerti salah n benar siy..
tapi pertama liat,mesjid nya kok rumah bgt ya..tapi liat interiornya keren juga..apalagi ada tiang2nya gitu..suka bgt!!!lalu,setelah lama2 liat..ni mesjid jadi ok!!simpel,ramah n tetep chic!!

Anonymous said...

AsSaLaMuaLaiKuM
Perkenalkan nama saya zainuqi(nama beken),ank Gresik,ni mw kul(lulusan yg nunggu pengumuman)
ms,aq pgn blg mkash ats desain2 Masjid Anda,saya mhn ijin mempublikasikan desain Anda,y ceritany saya dberi tugas untuk membuat proposal,lalu saya ingin ad sesuatu yg berbeda dr ank2 yg biasany proposal kegiatan/acara,akhrny saya memilih proposal pembangunan masjid,nah setelah saya cari2 gambar2 sketsa masjid,saya bertemu dg blog Anda ini,dan alhamdulillah guru saya hampir terkagum2 melihat inovasi saya,bahkan sampai mengira itu gambar/desain buatan saya,tapi tenang saudaraku,aku udah ngmg k publik yg melihat,bahwa ini bukan karya saya,ini karya Anda,yg pny site marioormarjo,hehehe sekali lg mksh ms,sukses trz bwt Anda,,
emM sbnere cm pgn blg trm ksh,tp kl g comment,g enk neh,,
y setahu saya aj y ms,cz q g begitu ngerti ttg arsitektur/tata bangunan,y q akn lht dr segi org awam aj,,
mnrt saya desain ms ckup bnyk ad kesamaan dg masjid2 yg aq singgahi,mksd saya dg bangunan semi terbuka spt tu,tu bgus bgt krn pasti menghemat listrik(kipas pd siang hr dan boleh jg lampu,krn sudah ad penerangan yg ckup)
dsamping itu sampeyan jg ud memikirkan bgmn ttg ke'finansial'an alias keuangan yg dmiliki olh sang pemesan
desainy memang agk rumahan(maaf)
tp mgkn hal itu dlht dr genteng dan luasny msjd,,trz utk kamar mandi dan wudlu,mnrt saya kl dpisah tp ad sekat itu lbh drpd berjauhan,krn dr msjd2 yg saya pnh kunjungi,mrk bnr2 menyediakan fasilitas bersuci utk bnr2 suci sblm msk msjd ato tmpt yg satU dg yg lain,seperti yg saya mksd di atas,terdapat sebuah kubangan yg ckup besar sbg sekat antr r.Wudlu dg kamar mandi,lalu d kamr mandi,dsediakan air yg ckup melimpah,shg si pengguna bs menggunakanny utk bnr2 bersuci,,
begitulah comment saya,tp keseluruhan karya sampeyan ckup baik :-)
sekali lg terima kasih ats desain Anda,dan telah mendngarkn comment saya,saya jg mhn maaf apbl ad kata tdk brkenan
salam kenal ie_cank_hehe@yahoo.co.id
wsLm4u

manajemen stress said...

alhamdulillah masih ada saudara kita yang mau peduli dengan masjid, saya ingin buat masjid masa depan bang mario...nanging saya tidak punya ahli gambar yang jossss....mau bantu? nama ingsun iewan cah wonogiri saiki menetap di sby.....nek njenengan minat nanti konsepnya tak email ke wae...wass'wb

Mario or Marjo Architect & Partners said...

@Romance
iya,berarti kalau begitu tujuan dan harapan saya sudah berhasil didapatkan. Saya memang mencoba menawarkan konsep desain masjid yang "homy" yang bernuansa rumah. Bukan untuk mengurangi "keagungan dna kesucian" tempat ini, namun justru kembali mengajak berpikir kembali, apkah yg kita banggakan dari masjid ini? kemewahannya? atau kemewahan hati orang2 yang beribadah di dalamnya? untuk apa sesuatu yg mewah jika sedikit yang memanfaatkannya?
Sebenarnya ini juga kritik sosial dari saya. Untuk apa punya masjid mewah jika disekitar masjid itu banyak orang miskin dna kelaparan?
Semoga bisa dimaklumi.
terima aksih dna sukses selalu.
Salam

Mario or Marjo Architect & Partners said...

@Tiqi,
Hmm ya begitulah tiq, banyak hal yang akhirnya jadi bahan pertimbangan dan membuat desain bangunan ibadah. Karena kita dihadpkan pada tuntutan2 yang bersifat normatif. Dan tidka ada pilihan lain untuk sesuatu yang "wajib" kita harus mengikuti, dan beberapa yang bisa kita kompromikan, saya rasa menjadi celah untuk kita mengembangkannya.

@zainuqi
terima kasih, silahkan digunakan, semoga bisa bermanfaat.
Salam

@ingsen iewan
Terima kaish semoga bisa bermanfaat.


terim akasih utk smeua, sukses selalu utk anda smeua dan salam.

Warga Graha Teluk Jakarta said...

asaalamualaikum wr.wb,

perkenalkan saya pengurus rw dari perumahan graha teluk jakarta , Tangerang

Kami warga GTJ ingin sekali membuat mesjid di perumahan kami, pihak pengembang selalu menjanjikan akan membuat mesjid tapi sampai saat ini belum terealisasi

Pihak pengembang perumahan sekali lagi menjanjikan akan mebuatkan mesjid jika warga mempunyai gambar denah perumahan

alokasi tanah u/ pembangunan mesjid yg disediakan pengembang 20x20 (400) meter. kami mohon mas mario bisa membantu kami u/ menggambar denah tsb.

Kami lihat gambar yg mas mario buat cukup bagus, kami ingin gambar denah tersebut bisa direalisasikan untuk mesjid kami.Sekali lagi maaf jika merepotkan

email:warga.gtj@googlemail.com

Mario or Marjo Architect & Partners said...

Assalamualaikum wr wb

terima kasih bapak atas komentarnya dan silaturahmi ke blog kami. Saya sudah membalas langsung ke email bapak.
Semoga saya bisa membantu proses realisasi masjid di rumah bapak. Kita doakan bersama semua dapat berjalan baik dna lancar.

Terima kasih dan sukses selalu.


Mario Andreti

Anonymous said...

pak mario nama saya suryadi saya mahasiswa teknik arsitek fak. lancang kuning pekanbaru riau. mario saya boleh minta tentang:
1.biodata tentang anda
2.latar belakang anda dalam dunia arsitektur
ini semua guna kebutuhan untuk melengkapi tugas kuliah, karna saya tertarik dengan disain-disain anda. maf klau sekiranya lancang tapi semua ini haya sebatas pendidikan.
ini email saya eddsuryadi_8787@yahoo.co.id

Anonymous said...

wah bagus ini desainnya,, ijin sedot & share om...

dody irnawan said...

boleh jg tuh bukunya..